Skip to main content

Wattpad : Dunia Jingga

Sumber gambar : business.wattpad.com


Assalamulaikum waramatullahi wabarakatuh ...
Apa kabar sahabat blogger? Semoga pada dalam keadaan sehat wal-afiat ya. Karena hal itu adalah suatu bentuk kenikmatan yang tak ada tandingannya di dunia ini.
Hari ini kita akan membahas khusus tentang Wattpad, yaitu aplikasi yang tidak asing lagi bagi penulis. Kalau dahulu bentuknya berwarna jingga. Sekarang ini warnanya sangat jingga. Gambar di bawah ini adalah bentuk penampakan Wattpad dulu. Eng, ing, eng... tara
Sumber gambar : Amazon.com
Aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat saya jatuh cinta hingga sekarang. Walaupun di dalamnya tidak menjanjikan royalti berupa uang. Tapi, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya. Dari beberapa aplikasi yang ada hanya Wattpad saat ini masih tetap bertahan di hati. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja filtur yang disediakan di Wattpad. Keuntungan lainnya adalah bahasa yang digunakan bukan hanya Indonesia saja. Hal ini berarti pembaca dari luar negeri ada seperti Amerika Serikat. Jika penasaran bisa dilihat dari statistik website. Aplikasi yang benar-benar kece. 
Sumber gambar : dokumentasi penulis
1. Profil
Nah, gambar di atas merupakan penampakan diri kita. Bisa dilihatkan gambar orang yang berwarna jingga. Tandanya kita sedang berada di area profil. Secret (HD) adalah nama Wattpad. Sedangkan @Harumpuspita adalah nama pengguna. Abaikan karya yang berjumlah 18. Memang banyak, tapi banyak yang enggak kelar. Waduh bisa ditimpuk netizen. Reading List  adalah daftar bacaan. Jadi, saya memiliki lima file daftar bacaan. Nah, kelebihannya lagi. Orang-orang yang datang atau singgah bisa mengetahui apa saja karya, daftar bacaan, dan juga siapa yang mengikuti kita. Hanya dengan mengklik ikonnya saja. Langsung terarah deh. Kalau Follower  pasti sudah tahulah ya artinya pengikut. 

Pada area profil  juga ada 'about' yang artinya tentang. Jadi, kita bisa menjelaskan bagaimana diri kita terhadap pembaca yang akan singgah. Buat saja semenarik mungkin, siapa tahu bakalan ngefollow. Biasanya kata yang tertulis tidak lebih dari 2000 kata. Bisa juga terhubung dengan website yang kita punya. Kalau kalian singgah, kemudian mengklik linknya. Pasti akan diarahkan pada blog ini. Ini bisa diatur dari konfigurasi yang berada di pojok kanan atas. Gambarnya seperti bunga putih. kalau gambar orang yang ada tanda plus itu maksudnya jika kita ingin mengundang teman. Saat ini  Wattpad merekomendasikan bisa terhubung dengan facebook, tweeter, maupun instagram. Bahkan juga bisa dengan menyalin link.

Selanjutnya ada 'Conversation' yang berarti percakapan. Ini sangat menarik bagi kita para penulis yang lagi buntu dengan ide atau lagi bosan. Bisa membuat suatu pertanyaan maupun pernyataan di dinding percakapan. Orang yang pertama kali tahu kita sedang ingin membuat percakapan pasti para pengikut kita. Sehingga, jika semakin banyak pengikut pasti semakin seru dan asyik untuk berdiskusi. Apalagi para pengikut kita pada sehati.

Kemudian ada 'Activity' yang berarti segala aktivitas kita terekam di Wattpad. Baik itu komentar, memberi bintang, nge-follow, memasukkan cerita di dalam daftar bacaan, update cerita, dan lain-lain. Kecuali  kalau lagi mengetik sama memasukkan buku ke perpustakaan pribadi tidak akan terekam di aktivitas. Hanya saja tersimpan di tempat yang tepat.

Jika kita men-scroll sampai bawah akan diarahkan langsung karya kita. Misalnya 'Stories by Harumpuspita'. Maka kalau mau mengetahui semua karya tanpa harus mengklik ikon 'Work'. Kita hanya cukup men-scroll ke kanan dan kiri saja. Setelah itu di bawahnya akan ditampilkan 'Following'. Sistemnya juga sama seperti karya, hanya dengan men-scroll ke kanan dan kiri saja. Terakhir yang paling bawah adalah 'Reading List' atau daftar bacaan. Nah, yang ini baru sistemnya berbeda. Cukup men-scroll ke atas dan bawah.
Sumber gambar : dokumentasi penulis
2. Percakapan
Apa yang kalian fikirkan ketika melihat ikon seperti tanda kotak yang bawah, samping, atau atasnya diberikan tanda sebelah kurung apit? Pasti tentang percakapan ya kan. Nah, pada percakapan yang disediakan oleh Wattpad ada tiga bentuk. 
Pertama ada 'News Feed' yang berarti berita dari orang-orang yang terhubung dengan kita. Pastinya siapa yang kita ikuti. Tuh, bisa kita lihat mbak @lanavay sedang apa. Kelebihannya kita bisa tahu apa yang dibicarakan. Sama seperti instagram. Bedanya bisa kita klik dan terarah langsung ke tempat yang mereka bicarakan. 
Kedua ada 'Notification' atau notifikasi. Ini biasanya berisi siapa saja penulis yang update kemudian jawaban dari komentar penulis. Pada notifikasi adalah hal yang sepertinya jangan dilewatkan begitu saja. Kalau dulu sebelum pembaharuan tidak ada istilah 'you have 3 announcements'. Sekarang ini baru ada istilah begitu. Awalnya penulis pada kaget sih, tiba-tiba kok ramai. Ada apa ya? Hm, seperti kebakaran jenggot gitu.Tapi, sekarang ini ya sudah biasa. Bahkan sudah disederhanakan dengan mengelompokkan pemberitahuan bagi siapa saja penulis yang sedang sengaja membuat percakapan di dinding rumahnya.
Ketiga ada 'Message' atau pesan. Tadi kita pada bahas yang sifatnya publikasi ya kan. Sekarang baru deh tentang privasi. Kalau ingin berkirim pesan yang sifatnya pribadi bisalah langsung tuliskan saja pesan. Misalnya mau tanyakin nomor ponsel yang kebetulan penulisnya cogan. #plak. 
Sumber gambar : dokumentasi penulis
3. Nulis Karya
Nah, ini adalah hal yang paling sangat disukai, yaitu menulis. Ada pilihannya juga. Mau ngelanjuti cerita yang lagi ditulis atau draft cerita lainnya. Bisa juga cerita baru yang lagi kepikiran ide baru. Kalau dulu para cerita bisa bisa ditambahkan Audio dan Video. Kalau sekarang ini hanya bisa Video saja. Pada saat pemutar video dulu bisa didengar suara sampai kita menghabiskan bacaan sebuah cerita. Saat ini malah kagak bisa. Jika di-Scroll kemudian ngilang tampilan videoya. Videonya juga ikutan berhenti. Lebih keren waktu dulu sih. Bisa membaca sekaligus mendengarkan melodi. 
Tips untuk menulisnya adalah dengan memilih salah satunya antara online atau offline. Jangan sampai antara online dan offline. Kemungkinan bisa ngilang apa yang kita tulis. 
Sumber gambar : dokumentasi penulis
4. Perpustakaan 
Perpustakaan yang ada di sini juga ada tiga jenis. Kalau yang ada di tampilan atas itu adalah isi dari perpustakaan pribadi. Keuntungannya adalah pada saat offline kita masih bisa menikmati tulisan tersebut. Pernah juga sih, saya kepikiran kalau terdampar di pulau entah apa. Terus ditemani dengan puluhan judul cerita Wattpad saya pun tahan.
Kedua ada 'Archieve'. Ini biasanya digunakan apabila kita tidak memiliki ruang yang cukup di memori. Ibaratnya panjar gitu. Arsip atau simpanan biasanya cover  berwarna lebih gelap. Itu berarti kalau pada saat offline tidak bisa dibuka. Tetapi kalau online, ia akan otomatis berpindah ke perpustakaan pribadi.
Terakhir yang ketiga adalah 'Reading List'. Kalau yang ini sudah pada tahulah ya. Soalnya tadi sudah dijelaskan. 
                  
Sumber gambar : dokumentasi penulis

5. Home
Rumah adalah tempat ternyaman untuk kita beristirahat bukan? Nah, di sini disediakan beberapa pencarian pada 'browser'. Wattpad sendiri sudah mengolongkannya ke dalam beberapa genre. Sekali lagi untuk genre kapan-kapan akan kita bahas. Sedangkan ada rekomendasi juga pada bagian kedua di home. Wattpad menyediakan lanjutin membaca yuk. Kemudian tulisan yang sejenis biasanya kita baca. Bisa juga tulisan penulis yang kita sukai, rangking, dan tagar. 
Kalau dulu Wattpad belum ada sistem rangking. Sekarang sudah ada. Bahkan rangking berdasarkan tagar juga ada. Sangat menarik bukan?

Mungkin ini saja dulu ya tentang seputar dunia jingga. Sebenarnya masih ada lagi sih yang mau disampaikan. Hanya saja, seperti sudah sangat membosankan. Makanya sengaja saya pisahkan. Ada yang penasaran nggak kira-kira konten apa yang akan saya bawa di artikel selanjutnya?

Salam Rindu
Harumpuspita

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Aplikasi Android Pemula (Part 1)

Kalau kemarin saya masih mengatakan seru-serunya ngoding bersama dicoding. Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang apa yang saya rasakan ketika belajar pada kelas Menengahnya.

Ternyata kejayaan senangnya berupa langkah awal dalam memahami bahasa Java itu hanya sebentar saja. Selebihnya, ya saya harus merasakan apa yang mereka katakan. Susah tidur karena dibayang-bayangi kode yang membuat saya penasaran. Bahkan kadang sampai lupa tidur dan mandi. #plak. Alhasil, mata panda dan menjadi sipit saking serunya. Hal yang lebih parahnya jika sudah demam datang namun saya tak ingin melewatkan waktu untuk tidak berpikir. Yah, jadi enggak sembuh-sembuh deh. Hoho... untungnya saya masih memiliki kesibukan lain yang membuat saya harus menjedanya dan menyegarkan otak kembali.

Mungkin inilah makna sebenarnya dari ilmu. Mahal dan tidak mudah orang dapat menguasainya. Hanya orang-orang yang tekun dan berada pada garis pertahanan yang mampu melewatinya. Begitupun dengan saya yang dengan mudahnya …

Yakin Mau Belajar Bahasa Pemrograman?

Assalamualaikum …       Hai sahabat blogger! Oke, saya kembali lagi nih. Enggak kelihatan aktivitas ngapai saja sih? Jadi ceritanya saking banyak yang ingin disegerakan membuat saya ingin selalu menyegerakan semuanya namun kagak kelar. Eaa… abaikan saja ya. Skripsi saja juga belum kelar. #plak.     Jadi ceritanya akhir bulan lalu itu saya melakukan kegagalan yang paling fatal. Kalau dibandingkan dengan diri saya yang terdahulu. Gimana enggak merasa gagal ya kan. Ketika itu semua waktu sudah diusahakan untuk menyelesaikannya. Namun enggak kesampaian. Apa itu kira-kira ya?      Kali ini saya akan mengulas pengalaman selama mencoba menjadi seorang programmer yang ketika itu enggak percaya dengan omongan orang lain. Hihi… kepercayaan diri paling akut ya kan. Kira-kira apa tanggapan kalian ketika mendengar menjadi seorang programmer? Suntuk, susah, sulit, atau enggak mengerti sekali sama belajar pemrograman meski sudah diulang-ulang. Namun hanya dengan sebuah kalimat yang dilontarkan oleh ses…