Sistem Pembinaan Anggota Madya #1

Menjadi Pribadi yang Islami Resume Materi : Menjadi Pribadi Islami

Selamat anda telah naik ke jenjang Madya. Itu berarti akan ada serangkaian pembelajaran yang lebih intens untuk naik ke jenjang Andal. Apakah ini merupakan sesuatu yang benar-benar layak?

Tepat 21 November 2023, FLP SUMUT melaksanakan pembelajaran pertama di jenjang Madya. Pesertanya ada yang dari Binjai, Langkat, Medan, dan Padang Lawas. Sebuah permulaan sebagai garis start waktunya untuk berubah. Walaupun hidup ini terus mengalami kedinamisan dalam hidup. Boleh jadi selama ini kita telah futur. Iman merosot dan harus dicharger ulang.

Pemateri : Abdi Siregar (Anggota Andal FLP)

Moderator : Dewi Chairani

Slide pertama dimulai dengan mengenali empat kepribadian manusia pada umumnya, yaitu Sanguin, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Apabila kita memahami kepribadian ini, tentulah kita mudah untuk menganalisis kepribadian diri. Enggak memikirkan kepribadian orang lain, minimal kepribadian diri sendirilah.

Sanguin

Pada tipe kepribadian pertama, orang ini pada umumnya memiliki banyak kekuatan, bersemangat, mempunyai gairah dalam hidupnya yang tinggi, bisa membuat lingkungan gembira, dan senang.

Tipe kelemahannya adalah ia cenderung bertindak sesuai dengan emosi dan keinginannya, mudah sekali dipengaruhi lingkungan, dan kurang bisa menguasai diri sendiri.

Koleris

Tipe kepribadian ini berorientasi pada pekerjaan dan tugas. Mereka memiliki disiplikan kerja yang sangat tinggi. Dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab. Kelemahannya adalah kurang merasakan perasaan orang lain, belas kasihnya terhadap penderitaan orang lain agak kurang karena perasaannya kurang bermain. Wow, ini merupakan tipe yang mengenyampingkan perasaannya sendiri demi tanggung jawab. Sepertinya cocok juga untuk tipe orang yang ditempatkan sebagai abdi negara.

Melankolis

Tipe orang yang terobsesi pada karya yang paling bagus, paling sempurna, mengerti estetika keindahan hidup ini dan perasannya sangat kuat, sangat sensitif. Kelemahannya mudah sekali dikuasai perasaan murung. Tidak mudah baginya untuk senang atau terawa terbahak-bahak. Sering merasa kecewa dan depresi jika apa yang diharapkanya tidak sempurna.

Apakah saya termasuk memiliki kepribadian ini, setelah melihat ke belakang tugas banyak yang tak selesai? Walaupun cenderung memiliki kepribadian ini bukan berarti sepenuhnya saya plek ketiplek tipe ini juga.

Plegmatis

Tipe kepribadian ini adalah kepribadian yang berbahaya walaupun sebenarnya ia punya kencederungan, santui, kalem, cuek, dan cinta damai. Kelemahannya adalah mudah ditipu karena terlalu percaya pada orang orang lain, tidak memiliki impian atau semangat dalam mengejar impian, sulit menentukan pilihan, terlalu tidak enakan, dan sering menunda-nunda.

 

Unsur-Unsur Kepribadian Muslim

Menurut Matta, manusia adalah zat yang terdiri dari unsur segenggam tanah dan setiap ruh. Berdasarkan dua kecenderungan unsur inilah Allah Swt menciptakan kecenderungan dan dorongan tertentu yang kemudian menjadi dasar-dasar dalam membentuk kepribadian manusia. Unsur ruh lebih cenderung kepada fitrah untuk beribadah kepada Allah, sedang unsur tanah (fisik) cenderung untuk bertindak dan bersikap.

 

Saya jadi teringat dengan jokes anak muda tentang sikap seseorang yang katanya manusia diciptakan dari tanah. Kalau kerjaannya asyik mengambil hak orang lain, barangkali dibentuk oleh tanah sengketa.

 

Al Banna meletakkan pembentukan kepribadian muslim di urutan pertama dalam urutan amal dalam berdakwah. Pribadi dimaksud adalah pribadi yang memiliki akidah (keyakinan) yang lurus, ibadah yang benar, akhlak mulia, wawasan yang luas, fisik yang kuat, bersungguh-sungguh melawan hawa nafsunya, menjaga waktunya, mengatur urusannya, punya kemampuan usaha, dan bermanfaat bagi orang lain.

 Internalisasi Nilai dalam Pembentukan Kepribadian Muslim

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menginternalisasikan nilai-nilai Islam ke dalam kepribadian seseorang :

1.       Dilakukan oleh dirinya sendiri (Self education). Pada dasarnya manusia memiliki kapasitas natural untuk belajar sendiri.

2.       Melalui orang lain (education by another). Hal ini berproses melalui kerjasama dengan orang lain.

Dua cara ini dalam dunia pendidikan Islam disebutkan sebagai tarbiyah dzatiyah (pembentuikan diri sendiri) dan tarbiyah jama’iyah (pembentukan kolektif).

 

Konsep Tarbiyah Islamiyah memiliki sasaran dan tujuan :

1.      Setiap individu dituntut untuk memiliki kelurusan akidah yang hanya dapat mereka peroleh melalui pemahaman terhadap Al-Quran dan sunnah.

2.      Setiap individu dituntut untuk beribadah sesuai dengan petunjuk yang disyariatkan kepada Rasulullah Saw.

3.      Setiap individu dituntut untuk memiliki kesanggupan akhlak sehingga mampu mengendalikan hawa nafsu dan syahwat

4.      Setiap individu dituntut untuk mampu menunjukkan potensi dan kreativitasnya dalam dunia kerja

5.      Setiap individu dituntut untuk memiliki keluasan, wawasan.

6.      Setiap individu dituntut untuk memiliki kekuatan fisik melalui sarana-sarana yang dipersiapkan Islam.

7.      Setiap individu dituntut untuk memerangi hawa nafsunya dan senantiasa mengokohkan diri di atas hukum-hukum Allah.

8.      Setiap individu diminta untuk mampu mengatur segala urusannya sesuai dengan keteraturan Islam.

9.      Setiap individu dituntut untuk mampu memelihara waktunya sehingga dia akan terhindar dari kelalaian dan perbuatan manusia.

10. Setiap individu harus menjadikan dirinya bermanfaat bagi orang lain.

 

Kesimpulan di akhir :

Kalau memperbaiki diri sendiri secara sendirian akan rapuh, makanya sebaiknya berjamaah. Kita enggak bisa hanya mengandalkan membaca buku sendiri, itulah mengapa perlu tarbiyah atau bimbingan dari yang lebih paham atau ahlinya.

 

Sesi Tanya Jawab :

Hal yang paling menarik adalah sesi tanya jawab dong, karena dengan sebuah pertanyaan akan mengarah pada pendekatan intens dan lebih paham.

1.       Bagaimana hubungan menulis dengan konsep kepribadian islamiyah?

Ketika kita masuk di FLP, itu berarti secara tak langsung kita itu berdakwah dengan tulisan. Bahkan kita bisa mendapatkan hidayah dari membaca cerpen/novel mereka. Makanya coba dulu perhatikan karya-karya terdahulu seperti punya Mbak Asma, Mbak Helvie Tiana Rossa dan yang lainnya.

Bahkan para ulama terdahulu seperti imam syafii, ia selalu berwudhu dan shalat dua rakaat terlebih dahulu sebelum menulis. Supaya niatnya terjaga dan benar-benar karena Allah.

2.       Bagaimana dengan orang yang semangat mengajak berbuat kebaikan, keesokan harinya malahan tida khusyuk dalam ibadah? Apakah ini termasuk riya karena riya kadang tidak disadari.

Jawab :

Terkait dengan rasa riya, kalau kita punya pemikiran takut mengajak berbuat kebaikan karena dibilang riya. Justru itu merupakan riya. Jangan takut kalau kita mau mengajak kebaikan, kalau mereka melaksanakannya justru kita mendapatkan kebaikan juga. Makanya harus ditepis dengan istighfar. Ketika kita melihat ada yang berbeda dengan hati kita, segeralah beristighfar. Antara Ikhlas dan Riya ini setipis bawang merah.

3.       Apakah benar kalau orang yang diuji kesedihan itu banyak yang lulus, sementara diuji kelapangan dan keluasan justru tidak banyak yang lulus?

Jawab : Kalau yang ini memang belum ada pengujian, tapi dari cerita terdahulu banyak yang mengatakan kalau ketika diuji dengan kepalangan justru banyak yang tak lulus karena kelapangan sifatnya melalaikan. Walaupun begitu, mudah-mudahan ketika kita diuji dengan kesedihan dan kelapangan bisa lulus. Apabila diuji dengan kesedihan kita bersabar, apabila diuji dengan kelapangan kita bersyukur.

4.       Bagaimana dengan orang yang punya pemikiran bahwa melakukan ibadah sesuai dengan kesanggupan kita. Makanya ketika diberi tahu ia mengelak bahwa saya hanya sanggupnya ini saja kok?

Jawab : ada seorang ulama mengajarkan kepada muridnya. Ia justru membawa mereka ke lapangan dan menyuruh mereka untuk mengelilingi lapangan sesuai dengan kesanggupan mereka. Sementara ia melihatnya. Ada yang dua putaran telah menyerah, tiga, empat, dan di putaran yang kelima sudah banyak yang gugur.

Apa yang dilakukan ulama itu?

Ia tidak memberikan air minum. Justru ia malah gantian mengelilingi lapangan sampai pada akhirnya putaran ke-10 barulah ia berhenti. Ia melakukannya sampai titik penghabisan tenaga. Begitulah gambarannya kira-kira dalam melakukan ibadah, bahkan ketika sampai ketidaksanggupan lagi dan bahkan gugur sekalipun itu sudah termasuk jihad.

dokumentasi menjadi Pribadi yang Islami

Itulah yang bisa saya sampaikan pada sesi berbagi kali ini, semoga menjadi berkah dan Allah Swt merahmati kita semua.

Previous
Next Post »