Pengalaman Berpartner dengan Seedbacklink

Pengalaman berpartner dengan Seedbacklink

Pengalaman Berpartner dengan Seedbacklink

Menulis adalah nafas yang panjang. Begitulah yang saya tangkap dari ucapan Kak Luluk HF selaku penulis dari Mariposa. 

Kesuksesan seorang penulis yang sekarang ini bukanlah dibentuk sehari dua hari, tenar, dan mendapatkan uang. Big No. Justru harus dilalui dengan serangkaian perjalanan yang panjang dan tentunya mengasah diri untuk menulis.

Jadi, kalau ada orang yang bisa menjadi penulis sukses dalam waktu satu malam saja. Rasanya tidak mungkin. Emang dongeng cerita Roro Jongrang. Semua butuh proses. Bahkan mie instan sekalipun butuh disedu beberapa menit supaya bisa dinikmati.

Perencanaan Konten

Tepat di awal September 2023 saya sedang merencanakan sesuatu. Bagaimana ya saya bisa menghasilkan uang UMR dalam sebulan hanya dengan menulis? Kalau seandainya saya menghargai karya dengan harag Rp30.000 untuk setiap artikel atau bab novel yang saya buat. Maka setidaknya harus menulis satu hari 3 atau empat artikel dalam setiap harinya. Sehingga kalau ditotalitaskan dalam sebulan, saya harusnya sudah menulis sebanyai 100 post.  

perencanaan konten menulis

Sungguh itu adalah angka yang sangat fantastis ketika saya tidak mengukur kapasitas diri bahwasannya saya sedang menjalani peran apa saat ini. Yah, namanya juga keinginan. Pastilah punya perencanaan untuk mewujudkannya. Walaupun ekstrim sekalipun sebelum dijalankan.

Jujur, saya ingin sekali menjalani hari-hari sebagai penulis yang bahagia dan kalau seandainya saya mengaplikasikan bidang ilmu yang dulu saya ambil di perkuliahan pun setidaknya saya hanya ingin mengajar 2 kali saja dalam seminggu.

Bagi saya, mengadakan perencanaan itu butuh waktu, energi, dan usaha. Tidak bisa direncanakan hanya sekali, tapi memang harus berkali-kali supaya lebih detail dan terencana. Jadi kalau ada tim perencana di sebuah bisnis, itu merupakan ide bagus juga. Sebab, sebuah pepatah mengatakan bahwa, “Pengaturan (manajemen) pekerjaan itu memperbanyak separuhnya waktu.”

Proses

Saya punya komitmen dalam diri pada waktu itu adalah dengan menggaji diri sendiri. Walaupun sebenarnya seorang penulis itu harus rela bahwa tulisannya itu memang tidak dibayar sama sekali karena hasil jerih payahnya menulis.

Maka di awal perencanaan saya sangat antusias dan bisa menjalankannya paling tidak satu artikel pun satu dalam sehari. Sehingga nanti dibuatkan saja per tanggal kapan saya menyelesaikannya dan kalau pun enggak terselesaikan terhitung hutang saja. Berharap suatu hari nanti saya memiliki waktu sehari atau dua hari untuk membayarnya.

Setelah menjalaninya, malahan gagal. Jangankan membuat satu artikel satu hari. Mengevaluasi diri saja saya tidak punya waktu. Menangis di pojokan setiap minggunya setelah melihat catatan agenda saya kosong, tak bernoda dengan eksekusi perencanaan. Nyesak sih, tapi enggak berdarah. Meskipun sempat bangga bahwa ada yang dikerjakan di awal-awal perencanaan. Namun tidak apa, bahkan saya menyimpulkan bahwa semangat yang saya miliki termasuk dalam ketegori buntut tikus. Awalnya saja yang besar, sampai menjelang ujung habis.

Eksekusi

Bagi saya, bulan November  2023 ini adalah bulan perencanaan ulang. Setelah di Oktobernya terasa amblas seperti orang yang kehabisan bensin. Rutinitas terlihat kacau. Saya pun mencoba mengkaji ulang rekam jejak yang ada di buku agenda beberapa tahun yang silam. Nah, di situlah saya baru merasakan manfaat dari jurnaling selama ini yang kata orang nyinyir enggak berguna sama sekali. Fix, ini sangat membantu sekali. Kapan-kapan saya ulas prosesing perjalanan saya bersama RA Planner.

Hingga akhirnya, saya memutuskan bahwa setiap hari menuliskan 1 karya saja. Baik terlepas bagus atau tidaknya. Tidak perlu banyak ekspektasi dulu, sebab saya merasakan seperti seorang balita yang baru belajar berjalan dengan merangkak. Jadi memang nggak bisa lari marathon.

Dapat Orderan di Seedbacklink

Bergabung di seedbacklink udah lama sebenarnya sekitar beberapa bulan yang lalu, tapi memang masih di tahun yang pertama. Namanya sudah memiliki perencanaan konten sendiri terlepas dibayar atau tidaknya. Eh, ada orderan yang masuk tuh. Terakumulasi 3 artikel dalam sebulan. Itu merupakan sebuah pencapain yang sangat wuah bagi saya karena memang belum pernah serutin itu mendapatkan orderan bisa berturut-turut. Meskipun pada akhirnya rencana tidak sesuai dengan perkiraan karena memprioritas orderan dari Seedbacklink. Setidaknya ada peningkatan finansial secara nyata.

dapat orderan di Seedbacklink

Walaupun nominalnya enggak sebanyak para member Seedbacklink lainnya yang memiliki penghasilan untuk menghidupi diri atau berjuta-juta. Setidaknya, itu menjadi penyelamat saya ketika berada di situasi yang genting. Enaknya di sana, berapapun nominalnya bisa dicairkan. Bagi saya, ini adalah sebuah pencapaian yang sangat membanggakan di kehidupan sekarang.  

Kemudahan dalam berpartner dengan Seedbacklink

Apa perbedaan yang paling signifikan dari Seedbacklink ini dengan para penyedia backlink lainnya?

1.       Artikel disediakan klien. Jadi, klien itu sudah menyediakan artikel yang bakalan kita post idi blog. Palingan tinggal edit sedikit sesuai dengan gaya penyampaian kita saja. Kalau saya sih, sekalian belajar juga kan dengan cara menulis ulang dan menyampaikannya dengan bahasa sendiri. Meskipun sebenarnya kebanyakan juga kalimat yang digunakan dari artikel klien.

2.       Adminnya fast respon. Memang ya, nggak ada yang menandingi kualitas dari fast respon ini. Rasanya klepek-klepek orang dibuatnya. Bercanda. Nggak sampai sejauh itu juga kan, karena saya kan berinteraksi sama adminnya, bukan si doi. Hal yang pasti nyaman saja.

3.       Terhubung dengan para member lainnya di grub WA. Fix, ini merupakan hal yang menyenangkan karena di sana tuh saya enggak merasa sendiri. Enggak hanya saya saja loh yang merasakannya.

Harapan untuk Seedbacklink

Bagi saya, penyedia backlink ini masih menjadi tempat teristimewah hingga saat ini. Harapannya paling di sayanya saja. Semoga bisa melalui hari-hari dengan semaksimal mungkin sebagai seorang penulis. Walaupun jalannya merangkak sekalipun.

Semoga Seedbacklink semakin sukses ke depannya, semakin banyak orang yang tahu dan bermanfaat bagi orang banyak.

 

 

Previous
Next Post »