Skip to main content

Arti Nama Blog Diary Harumpuspita

    


Berkiprah di dunia perbloggingan merupakan hal yang paling membaggakan dan mengasyikkan bagi saya. Sebab saya bisa bebas berekspresi dalam menyampaikan sesuatu tanpa batas dan sekreatif mungkin. Terlebih lagi bisa membantu banyak orang. Wuah, senangnya rasa hati saya seketika.

    Nah, pada Ramadan pertama kali ini. Saya ingin memperkenalkan lebih dalam tentang blog yang sedang ditekuni saat ini. Ya, biar enggak gagu kalau ditanya blog Diary Harumpuspita itu isinya apa saja sih? Masa iya, saya enggak bisa jawab.

    Oke, kembali ke masa lalu ketika saya memutuskan menggunakan nama Diary Harumpuspita.

    Nama aslinya saya tuh Henny Puspita Sari, menemukan kata Harum ketika SMA dulu. Ketika itu dipanggil oleh seorang guru. Henny Puspita Sari Harum Mewangi Sepanjang Hari. Terbesit sebuah pemikiran bahwa asyik dong, ya kan harumnya bisa sepanjang hari.

    Mulai menulis sejak 2015 yang lalu. Ketika itu terjadi perubahan besar dalam diri saya yang begitu baiknya merelakan mimpi demi orang lain dan tidak memperjuangkan mimpi yang telah lama diazamkan. Sakit, itu sudah pasti. Nyaris gila, itu juga sudah terlewati. Maka nama Diary Harumpuspita yang terlahir sebagai nama domain blog saya merupakan wujud bentuk pencarian jati diri.

    Dulu saya tidak bisa menulis sama sekali. Hobinya belajar tentang ilmu alam, berkutat dengan angka, dan mengajari teman-teman yang lainnya pasal pelajaran IPA. Kemampuan menguraikan tulisan dengan gaya bahasa sederhana itu tidak terbayangkan sama sekali. Apalagi latar belakang sekolah saya jelas-jelas bernuansa ilmiah. Mungkin kalau saya tidak salah jurusan. Saya tidak menjadi penulis seperti sekarang ini.

    Awal mula ketika menulis itu merupakan masa yang paling sulit. Saya bahkan tidak punya seorang pun yang bisa menguatkan pundak dalam dunia tulis menulis. Lingkungan saya tidak ada yang suka membaca dan penulis dianggap tidak menghasilkan apa-apa. Enggak bisa makanlah dan sebagainya.

    Walaupun begitu, saya tidak menyerah. Nama Diary Harumpuspita ini jutsru mencakup pengambaran saudara saya. Saya punya dua abang yang memiliki nama belakang Puspito dan adik perempuan yang juga memiliki nama belakang Puspita. Maka Diary Harumpuspita ini juga merupakan penggambaran keluarga saya juga bukan?

    Lama ke lamaan. Setelah saya menulikan setiap kalimat negatif yang datang. Allah swt memberikan jalan bagi saya dengan mempertemukan saya dengan orang-orang yang luar biasa. Siapa lagi jika bukan teman-teman penulis lainnya. Merekalah yang membuat saya bersemangat dan terus menulis hingga saat ini. Oleh karena itu, jika ada seorang penulis atau blogger yang mengikuti media sosial saya. Saya akan mengikutinya balik dengan senang hati.

    Nama blog Diary Harumpuspita ini lebih dekat dengan hal-hal personal sebenarnya. Sebuah artikel perjalanan Harumpuspita, nama pena saya dalam menjalani kehidupan. Apa sajalah pokoknya. Namun dalam waktu dekat ini saya ingin menekuni sebuah hal-hal yang lebih spesifik. Supaya teman-teman yang lainnya mudah mengenali saya.

Hal-hal yang dibahas di Diary Harumpuspita

1.       Review Buku

Saya sangat suka mengulas sebuah buku karena suka baca buku. Lagi pula, akhir-akhir ini saya sering lupa dengan buku apa saja yang sudah dibaca. Maka mengulas sebuah buku yang sudah dibaca bagi saya merupakan sebuah penanda bahwa saya sudah membaca buku tersebut. Terlebih lagi pada hal penting yang ingin saya ambil di dalam buku tersebut.

Target selanjutnya setelah rajin mengulas sebuah buku adalah menerbitkan sebuah buku. Maka review buku merupakan jalan ninja saya menjadi seorang penulis buku.

2.       Blog Review

Suka dengan hal yang baru. Termasuk menjelajahi aplikasi tertentu. Bahkan di gawai saya sendiri penuh dengan aplikasi yang lain dibandingkan foto pribadi. Bahkan saya lupa kapan terakhir kali berfoto selfie sendiri. Kebanyakan berfoto bersama dengan yang lain. Itu pun malu-malu.

3.       Lomba Blog

Lomba blog membuat saya berkecimpung dengan hal-hal yang baru. Bagi saya, hal itu sangat menarik dan merupakan tantangan tersendiri dalam memperbaruhi pengetahuan. Asyiknya, saya bisa belajar lebih banyak dari para peserta lomba blog yang lain. Maka lomba blog ini merupakan jalan ninja saya menjadi blogger prosessional.

4.       Mengulas tentang tanaman

Saya suka menanam dan kebetulan Mama saya juga suka. Banyak sekali jenis tanaman ditanam di pekarangan rumah. Rencananya, saya akan membuat artikel tentag tanaman yang saya temui di sini dan sekaligus juga ingin punya usaha ke depannya.  

5.       Kuliner dan Travel

Kategori ini merupakan prioritas terakhir bagi saya untuk saat ini. Suka masak, tapi malas karena belum memiliki finansial yang memadai. Begitu juga travel, yang setidaknya memiliki uang pegangan. Meskipun sebenarnya kategori artikel ini sangat mengasyikkan ketika dijelajahi.

Kesimpulan

Arti nama domain ini merupakan hal yang paling penting bagi saya dan menjadi sebuah identitas diri mau dikenal sebagai apa. Orang lain memandang kita sebagai apa. Maka menunjukkan personal branding untuk domain Diary Harumpuspita merupakan prioritas saya untuk saat ini.      


Comments

Popular posts from this blog

Wattpad : Dunia Jingga

Sumber gambar : business.wattpad.com Assalamulaikum waramatullahi wabarakatuh ... Apa kabar sahabat blogger ? Semoga pada dalam keadaan sehat wal-afiat ya. Karena hal itu adalah suatu bentuk kenikmatan yang tak ada tandingannya di dunia ini. Hari ini kita akan membahas khusus tentang Wattpad, yaitu aplikasi yang tidak asing lagi bagi penulis. Kalau dahulu bentuknya berwarna jingga. Sekarang ini warnanya sangat jingga. Gambar di bawah ini adalah bentuk penampakan Wattpad dulu. Eng, ing, eng... tara Sumber gambar : Amazon.com Aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat saya jatuh cinta hingga sekarang. Walaupun di dalamnya tidak menjanjikan royalti berupa uang. Tapi, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya. Dari beberapa aplikasi yang ada hanya Wattpad saat ini masih tetap bertahan di hati. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja filtur yang disediakan di Wattpad. Keuntungan lainnya adalah bahasa yang digunakan bukan hanya Indonesia saja. Hal ini

Pengalaman Membuat Aplikasi Android Pemula (Part 1)

diaryharumpuspita.com Kalau kemarin saya masih mengatakan seru-serunya ngoding bersama dicoding. Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang apa yang saya rasakan ketika belajar pada kelas Menengahnya. Ternyata kejayaan senangnya berupa langkah awal dalam memahami bahasa Java itu hanya sebentar saja. Selebihnya, ya saya harus merasakan apa yang mereka katakan. Susah tidur karena dibayang-bayangi kode yang membuat saya penasaran. Bahkan kadang sampai lupa tidur dan mandi. #plak. Alhasil, mata panda dan menjadi sipit saking serunya. Hal yang lebih parahnya jika sudah demam datang namun saya tak ingin melewatkan waktu untuk tidak berpikir. Yah, jadi enggak sembuh-sembuh deh. Hoho... untungnya saya masih memiliki kesibukan lain yang membuat saya harus menjedanya dan menyegarkan otak kembali. Mungkin inilah makna sebenarnya dari ilmu. Mahal dan tidak mudah orang dapat menguasainya. Hanya orang-orang yang tekun dan berada pada garis pertahanan yang mampu melewatinya. Begitupun deng

Menulis Menjelang Deadline

  diaryharumpuspita.com Berbincang masalah deadline seolah tidak ada habisnya. Hal yang lebih membuat kesal adalah menuruti deadline- nya orang lain. Mau enggak mau harus siap dan dikumpul. Kita sudah dibiasakan sejak masa sekolah sebenarnya. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan kuliah. Setiap mata pelajaran pun sudah ada timeline nya sendiri. Jika tidak mengumpul pasti akan dikenakan sanksi berupa tidak ada penilaian dan hukuman lainnya. Maka sudah seharusnya deadline ini memang harus diimbangi di setiap tatanan kehidupan. Mulai dari makan, tidur, dan bahkan beribadah tepat waktu. Menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline ini merupakan sebuah cara seseorang untuk menempati janjinya dan membangun kualitas diri seseorang. Kepercayaan juga dibangun dengan deadline. Jika orang yang diberikan amanah mampu menyelesaikannya. Otomatis mereka akan berpikir kinerja kita itu baik dan bisa dipercaya. Terlebih lagi, tidak ada beban jika semua sudah diselesaikan. Ujung-ujungnya juga akan membawa