Skip to main content

Pencapain Tertinggi dalam Hidup Diary Harumpuspita

Berbicara tentang pencapaian tertinggi dalam hidup. Rasanya saya hanya ingin kembali ke masa lalu. Sebab ukurannya memanglah memori masa silam di mana kita sendiri yang mengetahui situasinya.

    Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa pencapaian tertinggi dalam hidup adalah mendapatkan sesuatu atau berada di peringkat tertinggi dalam suatu kegiatan. Apa saja yang membuat hati senang, bangga, dan bergembira.

    Namun dalam pembahasan ini, saya hanya bisa menyampaikan sesuatu yang sederhana saja tentang pencapaian tertinggi itu. Bukanlah sesuatu yang membuat orang berkesan, apalagi merasa takjub. Melainkan hanya sebuah makna bahwa saya menemukan jati diri.

    Bagi saya hal ini merupakan pencapain tertinggi yang saya alami dari semua petualangan dalam hidup. Tak mudah untuk menemukan jati diri. Semua itu diproses dengan serangkaian peristiwa yang membuat kalut, duka, dan suka.

    Bagi orang lain, saya aneh. Bagi diri saya, saya unik dan bangga menjadi diri sendiri. Tidak perlu berpura-pura bahagia di kala hati teriris. Tidak pula merasa minder dengan apa yang saya punya. Momentum itu pun saya dapatkan baru-baru ini. Anggap sajalah awal permulaan 2021 ini saya menemukan jati diri. Ketika itu, saya merasa yakin jika ditanya tujuan hidup dan apa yang saya inginkan.

    Pernah dalam suatu hal, saya ingin berada di posisi orang lain. Hanya saja, itu hanyalah sebentar. Sebab ketika menjadi orang lain rasanya memanglah tidak nyaman. Ada rasa sakit hati yang membara ketika memaksakan menjadi orang lain. Maka tidak ada cara lain selain menemukan diri sendiri.

    Bersyukur atas apa yang dimiliki, memperbaiki pada sesuatu yang tidak pada tempatnya, dan melangkah dengan pemikiran terbuka adalah cara bahagia sederhana. Saya bahkan tidak menyangka bahwa ada orang yang menginginkan juga berada di posisi saya ketika bercerita di suatu momen.

    Pencapaian tertinggi ini mampu membuat diri terharu dan bangga atas keputusan yang telah ditetapkan dalam diri. Meski terkadang pernah memiliki pemikiran bahagia itu harus punya uang dan kaya raya. Maka bersyukur dengan apa yang dimiliki adalah kebahagiaan jangka panjang.

    Jika ada sebuah pertanyaan yang mungkin dulunya menyebalkan di telinga saya. Misalnya mereka bertanya, “Kenapa kamu kuliahnya bisa enam tahun?”

    Saya dengan bangganya akan menjawab bahwa dalam rentang waktu selama itu saya menemukan jati diri sendiri. Saya bahagia atas pencapaian tertinggi ini. Meski bukanlah memperoleh toga di waktu yang tepat dan membuat orang lain bangga atas yang saya perbuat. Saya pikir, menemukan jati diri ini merupakan hal yang paling membuat saya bangga atas diri sendiri.

    Saya senang bisa menemukan passion yang membuat diri bahagia. Rasanya jiwa yang saya miliki tetap muda, walaupun umur saya tidaklah lagi muda. Saya juga tenang ketika menemukan rasa keimanan yang kuat untuk tetap maju.

    Pada akhirnya, semua ini memang berpulang kepada diri masing-masing. Kita memang tidak bisa mengatur apa saja yang akan datang pada diri. Namun mengolah untuk mengadopsi ataupun membuangnya merupakan pilihan masing-masing.

    Ini saja yang bisa saya sampaikan tentang pencapain tertinggi dalam hidup. Tidak ada salahnya membagikan kisah ini. Barangkali bisa memberikan sebuah inspirasi bagi yang lain. Saya yakin bahwa banyak orang di luar sana yang bahkan tidak mengetahui tujuan hidupnya untuk apa. Apa motivasinya untuk melangkah dan apa yang membuatnya bisa dalam lingkaran maju.

Comments

Popular posts from this blog

Wattpad : Dunia Jingga

Sumber gambar : business.wattpad.com Assalamulaikum waramatullahi wabarakatuh ... Apa kabar sahabat blogger ? Semoga pada dalam keadaan sehat wal-afiat ya. Karena hal itu adalah suatu bentuk kenikmatan yang tak ada tandingannya di dunia ini. Hari ini kita akan membahas khusus tentang Wattpad, yaitu aplikasi yang tidak asing lagi bagi penulis. Kalau dahulu bentuknya berwarna jingga. Sekarang ini warnanya sangat jingga. Gambar di bawah ini adalah bentuk penampakan Wattpad dulu. Eng, ing, eng... tara Sumber gambar : Amazon.com Aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat saya jatuh cinta hingga sekarang. Walaupun di dalamnya tidak menjanjikan royalti berupa uang. Tapi, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya. Dari beberapa aplikasi yang ada hanya Wattpad saat ini masih tetap bertahan di hati. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja filtur yang disediakan di Wattpad. Keuntungan lainnya adalah bahasa yang digunakan bukan hanya Indonesia saja. Hal ini

Pengalaman Membuat Aplikasi Android Pemula (Part 1)

diaryharumpuspita.com Kalau kemarin saya masih mengatakan seru-serunya ngoding bersama dicoding. Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang apa yang saya rasakan ketika belajar pada kelas Menengahnya. Ternyata kejayaan senangnya berupa langkah awal dalam memahami bahasa Java itu hanya sebentar saja. Selebihnya, ya saya harus merasakan apa yang mereka katakan. Susah tidur karena dibayang-bayangi kode yang membuat saya penasaran. Bahkan kadang sampai lupa tidur dan mandi. #plak. Alhasil, mata panda dan menjadi sipit saking serunya. Hal yang lebih parahnya jika sudah demam datang namun saya tak ingin melewatkan waktu untuk tidak berpikir. Yah, jadi enggak sembuh-sembuh deh. Hoho... untungnya saya masih memiliki kesibukan lain yang membuat saya harus menjedanya dan menyegarkan otak kembali. Mungkin inilah makna sebenarnya dari ilmu. Mahal dan tidak mudah orang dapat menguasainya. Hanya orang-orang yang tekun dan berada pada garis pertahanan yang mampu melewatinya. Begitupun deng

Serunya Belajar Ngoding Bersama Dicoding

Assalamualaikum ... Hai semuanya … Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan dalam keadaan sehat wal afiat ya. Saya kembali lagi nih. Hehe, akhir-akhir ini malah semakin rajin menulis beriringan dengan rajin belajar. Alhamdulillah ya kan, daripada rajin bermain. Semoga bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Ya, walaupun sebentar lagi akan liburan akhir tahun. Bagi saya, liburan itu tetap belajar. Belajar bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.  Kali ini saya mencoba belajar pemrograman kembali bersama dicoding. Jika memulai pemrograman saat itu membuat saya frustasi bersebab semesta tak mendukung. Kali ini saya mencoba lagi dengan syarat semesta juga mendukung. Ternyata belajar pemrograman itu enggak mudah untuk orang-orang yang mudah menyerah. Apalagi saya yang merupakan orang awam yang enggak tahu apa-apa. Oke, saya akan menguraikan apa sih yang membuat saya betah selama belajar di dicoding. By the way, saya menulis ini di sela-sela lagi belajar. Hehe…. Kebetulan lapto