Arti Nama Blog Diary Harumpuspita

    


Berkiprah di dunia perbloggingan merupakan hal yang paling membaggakan dan mengasyikkan bagi saya. Sebab saya bisa bebas berekspresi dalam menyampaikan sesuatu tanpa batas dan sekreatif mungkin. Terlebih lagi bisa membantu banyak orang. Wuah, senangnya rasa hati saya seketika.

    Nah, pada Ramadan pertama kali ini. Saya ingin memperkenalkan lebih dalam tentang blog yang sedang ditekuni saat ini. Ya, biar enggak gagu kalau ditanya blog Diary Harumpuspita itu isinya apa saja sih? Masa iya, saya enggak bisa jawab.

    Oke, kembali ke masa lalu ketika saya memutuskan menggunakan nama Diary Harumpuspita.

    Nama aslinya saya tuh Henny Puspita Sari, menemukan kata Harum ketika SMA dulu. Ketika itu dipanggil oleh seorang guru. Henny Puspita Sari Harum Mewangi Sepanjang Hari. Terbesit sebuah pemikiran bahwa asyik dong, ya kan harumnya bisa sepanjang hari.

    Mulai menulis sejak 2015 yang lalu. Ketika itu terjadi perubahan besar dalam diri saya yang begitu baiknya merelakan mimpi demi orang lain dan tidak memperjuangkan mimpi yang telah lama diazamkan. Sakit, itu sudah pasti. Nyaris gila, itu juga sudah terlewati. Maka nama Diary Harumpuspita yang terlahir sebagai nama domain blog saya merupakan wujud bentuk pencarian jati diri.

    Dulu saya tidak bisa menulis sama sekali. Hobinya belajar tentang ilmu alam, berkutat dengan angka, dan mengajari teman-teman yang lainnya pasal pelajaran IPA. Kemampuan menguraikan tulisan dengan gaya bahasa sederhana itu tidak terbayangkan sama sekali. Apalagi latar belakang sekolah saya jelas-jelas bernuansa ilmiah. Mungkin kalau saya tidak salah jurusan. Saya tidak menjadi penulis seperti sekarang ini.

    Awal mula ketika menulis itu merupakan masa yang paling sulit. Saya bahkan tidak punya seorang pun yang bisa menguatkan pundak dalam dunia tulis menulis. Lingkungan saya tidak ada yang suka membaca dan penulis dianggap tidak menghasilkan apa-apa. Enggak bisa makanlah dan sebagainya.

    Walaupun begitu, saya tidak menyerah. Nama Diary Harumpuspita ini jutsru mencakup pengambaran saudara saya. Saya punya dua abang yang memiliki nama belakang Puspito dan adik perempuan yang juga memiliki nama belakang Puspita. Maka Diary Harumpuspita ini juga merupakan penggambaran keluarga saya juga bukan?

    Lama ke lamaan. Setelah saya menulikan setiap kalimat negatif yang datang. Allah swt memberikan jalan bagi saya dengan mempertemukan saya dengan orang-orang yang luar biasa. Siapa lagi jika bukan teman-teman penulis lainnya. Merekalah yang membuat saya bersemangat dan terus menulis hingga saat ini. Oleh karena itu, jika ada seorang penulis atau blogger yang mengikuti media sosial saya. Saya akan mengikutinya balik dengan senang hati.

    Nama blog Diary Harumpuspita ini lebih dekat dengan hal-hal personal sebenarnya. Sebuah artikel perjalanan Harumpuspita, nama pena saya dalam menjalani kehidupan. Apa sajalah pokoknya. Namun dalam waktu dekat ini saya ingin menekuni sebuah hal-hal yang lebih spesifik. Supaya teman-teman yang lainnya mudah mengenali saya.

Hal-hal yang dibahas di Diary Harumpuspita

1.       Review Buku

Saya sangat suka mengulas sebuah buku karena suka baca buku. Lagi pula, akhir-akhir ini saya sering lupa dengan buku apa saja yang sudah dibaca. Maka mengulas sebuah buku yang sudah dibaca bagi saya merupakan sebuah penanda bahwa saya sudah membaca buku tersebut. Terlebih lagi pada hal penting yang ingin saya ambil di dalam buku tersebut.

Target selanjutnya setelah rajin mengulas sebuah buku adalah menerbitkan sebuah buku. Maka review buku merupakan jalan ninja saya menjadi seorang penulis buku.

2.       Blog Review

Suka dengan hal yang baru. Termasuk menjelajahi aplikasi tertentu. Bahkan di gawai saya sendiri penuh dengan aplikasi yang lain dibandingkan foto pribadi. Bahkan saya lupa kapan terakhir kali berfoto selfie sendiri. Kebanyakan berfoto bersama dengan yang lain. Itu pun malu-malu.

3.       Lomba Blog

Lomba blog membuat saya berkecimpung dengan hal-hal yang baru. Bagi saya, hal itu sangat menarik dan merupakan tantangan tersendiri dalam memperbaruhi pengetahuan. Asyiknya, saya bisa belajar lebih banyak dari para peserta lomba blog yang lain. Maka lomba blog ini merupakan jalan ninja saya menjadi blogger prosessional.

4.       Mengulas tentang tanaman

Saya suka menanam dan kebetulan Mama saya juga suka. Banyak sekali jenis tanaman ditanam di pekarangan rumah. Rencananya, saya akan membuat artikel tentag tanaman yang saya temui di sini dan sekaligus juga ingin punya usaha ke depannya.  

5.       Kuliner dan Travel

Kategori ini merupakan prioritas terakhir bagi saya untuk saat ini. Suka masak, tapi malas karena belum memiliki finansial yang memadai. Begitu juga travel, yang setidaknya memiliki uang pegangan. Meskipun sebenarnya kategori artikel ini sangat mengasyikkan ketika dijelajahi.

Kesimpulan

Arti nama domain ini merupakan hal yang paling penting bagi saya dan menjadi sebuah identitas diri mau dikenal sebagai apa. Orang lain memandang kita sebagai apa. Maka menunjukkan personal branding untuk domain Diary Harumpuspita merupakan prioritas saya untuk saat ini.      


Previous
Next Post »

18 comments

  1. Sudah kuduga 😂 Pas awal kita ketemuan (eh di acara Blogsum atau FLP ya pertama ketemu?), kan dikasih tau nama blognya, langsung nebak, ini kayaknya karena frasa Puspita Sari Harum Semerbak Sepanjang Hari deh 😂😂 Soalnya itu dulu, kalo ga salah ingat, pas zaman Kakak SMP apa SMA ya, embel-embel begitu sering dipake buat nama orang yang dari nama bunga hihi. Cuma mau nanya segan kwkwkw. Eh beneran ternyata karena itu ya nama pena-nya pakai kata-kata harum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pertama kali dengar kalimat terusan dari puspita sari, menjadi tambahan harum mewangi itu dari serial lupus dan juga acara lenong di rcti dulu hehehehe
      mungkin gurunya henny terinspirasi dari situ juga.

      tapi harumpuspita itu nama yang cantik

      Delete
    2. Nah, iya tuh. Kita jumpa di Blogsum waktu itu kak, pas belom pandemilah.

      Wuah, bisa jadi ya kan.

      Delete
  2. Salam kenal ya mba harum...semangat terus menulisnya biar saya bisa belajar dari Mba, soalnya newbie banget nih dan memang belum bisa merangkai kata dengan baik dan sederhana agar mudah dipahami pembaca...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba, saya juga masih newbiew kok. Ehe ... sama-sama belajar kita yak. Yok-yok semangat.

      Delete
  3. oh jadi ini arti diaryharumpuspita itu ya. Makanya awalnya ku bingung kok namanya henny tapi blognya harumpuspita. xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enggak kenal, ya enggak ada yang tau ya kan. Haha .. jadi kek ngerasa kamuflase jadinya dibalik nama pena. Sempat yang lain manggilnya Harum malah, apalagi kalau paketan datang ke rumah. Xixixi ... terus dimarah enyak "Lah namanya kok Harum, mana ada yang kenal. Kirain paketan nyasar. Hahah" Kalau sekarang udah dibilang kok, nama Harum itu Henny juga. Jadi enggak salah sangka.

      Delete
  4. Ternyata ada kisah penamaan blognya rupanya ya, malah tadinya saya pikir nama lengkapnya kak Henny lho, btw mari saling menyemangati untuk menulis ya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, setelah melalui skenario yang panjang. Ehehe .. Yeay sama-sama kita yak. Go, go, go.

      Delete
  5. Awalnya karena panggilan orang lain ke kakak, malah bisa jadi inspirasi untuk jadi nama blog. Mudah-mudahan blog ini makin heitzzz ya kak. Semangat bge-blog!!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Yeay, sama-sama semangat kita nih berkiprah di dunia perbloggingan.

      Delete
  6. Alhamdulillah akhirnya dipertemukan dengan teman-teman penulis ya hen.. jadinya lebih bisa berbagi pengalaman dan juga motivasi untuk menulis terus. Semangat terus ya hen, yuk berani kejar mimpi..

    ReplyDelete
  7. Saya pikir itu nama lengkapnya, rupanya ada cerita di balik itu ya, tapi emang keren banget ini, dari anak jurusan IPA lalu jadi penulis, semoga karyanya semakin dikenal luas ya dek :)

    ReplyDelete
  8. Hahha.. Panjang kali lah guru itu memanggil ya kak. Jadi ingat film Gerhana. Kan ada itu lakon yang diperankan peggy melati sukma. Namanya sering dipanjangkan jadi peggy melati sukma mewangi sepanjang hari, kalau gak salah ya.
    Becanda ya kak.... Btw, nama kita sama sih. Henny 😉

    ReplyDelete
  9. Dimana lah kita pertama x jumpa ya,, intinya selamat datang di dunia imaginer tulis menulis, semoga menjadi blogger yg berkhlak manis.

    ReplyDelete
  10. Dulu penasaran juga.
    Kenapa nama blognya itu.
    Eh, akhirnya terjawab juga.



    Btw, semoga sukses dunia-akhirat di dunia kepenulisan dan ilmiah ya Hen.

    ReplyDelete
  11. Ternyata dari sini toh nama Harum. Semoga tulisannya, prestasinya, dan rezekinya juga semakin harum ya. Semangat menulis

    ReplyDelete