Seratus Target di Tahun 2021

 Ide itu seringan daun yang diterpa angin. Ia akan terbang begitu mudahnya bila tidak segera disimpan dengan segera

Berbicara mengenai sebuah target dalam hidup. Siapa pun pasti memilikinya dan menginginkan target akan tercapai sesuai dengan harapan. Hanya saja, tidak semua orang mampu menggapainya dan semua orang juga memungkinkan untuk mewujudkannya.

Berada pada fase kegagalan berulang. Barangkali yang kita rancang adalah sebuah kegagalan.

Siapa yang tidak pernah gagal?

Ah, iya. Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Ada yang sekali gagal tidak ingin mengulang kedua kalinya dan mencari yang lain. Ada pula yang ketika gagal akan mencoba kembali hingga menemukan sebuah titik yang menentukan harus berhenti atau berjalan kembali.

Menariknya adalah ukuran keberanian yang bermain peran di dalamnya. Seberapa kuat dan seberapa hebat orang tersebut itu mampu melewatinya. Sedangkan orang yang bermental ciut auto kesingkir dengan sendirinya. Eh, termasuk juga saya. Subhanallah …

Semakin dipikirkan sekali lagi dan menimbang dengan benar. Keputusan berupa untuk terus bergerak tanpa perlu membandingkan dengan orang lain menjadi pilihan. Hanya itu yang bisa saya lakukan. Mungkin bisa sekelas Thomas Alva Edison barangkali dalam mencapai sesuatu jika ingin berhasil. Seseorang yang tak pernah mengenal kata menyerah dalam menggapai tujuan. Rasanya memang sungguh sulit sekali.

Hal yang paling sulit dilalui adalah melawan diri sendiri. Kadang-kadang memang harus berperang dengan diri sendiri. Ketika melawan rasa malas, takut, dan pemikiran negatif tentang suatu hal. Bahkan menghadapi sebuah situasi ketika semesta tidak mendukung dalam memulai suatu hal.

Tidak hanya sampai situ saja. Tantangan yang lebih berat lagi adalah mempertahankannya secara konsisten. Seberapa kuat seseorang itu dapat bertahan dan terus berjuang mempertahankan apa yang ia lakukan. Mungkin contohnya tidak usah jauh-jauh. Misalnya mengerjakan tugas setiap hari dengan pencapaian yang konsisten. Awalnya tidak terbiasa tuh. Lalu membuat target seperti itu dan memulainya dengan semangat di awal. Ketika berjalan tiga atau empat hari masih okelah. Eh, kita menuju hari yang keempat dan seterusnya malah tidak dilakukan lagi. Semangat pun langsung ciut dan mengecil.

Memang benar, suasana hati manusia itu tidaklah sama di setiap keadaan. Bahkan semangat yang membara pun bisa saja langsung ciut seketika di pertengahan jalan. Maka sudah menjadi sebuah keharusan untuk selalu menjaga semangat juang itu tetap menyala.

Saya sendiri pun sering kesal pada diri sendiri. Ketika menemukan sebuah kondisi yang selalu berulang seperti rasa malas, rebahan, dan tidak berani melangkah. Hal yang paling sulit dilalui itu adalah rasa kantuk dan bawaannya selalu ingin tidur. Hm, sedangkan memaksakan diri dengan kafein terus-terusan pun rasanya hanya menyiksa diri.

Ada yang tidak beres nih. Setidaknya harus tegas pada diri sendiri untuk tidak selalu terjebak dengan zona rebahan. Ya, tidak ada yang bisa mengalahkan suatu kondisi semangat juang berasal dari diri sendiri. Mungkin, pada sistem seperti itulah yang bisa diolah dan diperbaiki.

Saya memutuskan untuk membuat seratus target di tahun 2021 ini. Sebuah target yang dituliskan secara terperinci. Mulai dari hal-hal kecil hingga kompleks. Tentunya berusaha menuliskannya serealistis mungkin supaya benar-benar terwujud. Paling tidak, angka pencapainnya bisa mencapai 50%.

Teman saya pun memberikan sebuah pernyataan bahwa apa yang saya lakukan terlalu ekstrim dan itu sungguh melelahkan.

Setidaknya, ada yang perlu dicoba dalam diri saya sendiri. Supaya lebih semangat dan tidak terus-terusan rebahan santuy lagi. Rebahan itu memang sungguh menyenangkan. Setelah melewatinya baru tersadar bahwa ada banyak hal yang telah dilewatkan begitu saja. Kemudian ujung-ujungnya menyesal juga bersebab tidak menggunakan waktu sebaik mungkin. 

Berikut ini merupakan target yang ingin dicapai pada tahun 2021.

   

Rute memutuskan target yang hendak dicapai

1.     Membaginya ke dalam beberapa Hal

Menentukan target tujuan

Sebelum membuatnya. Ada banyak sekali yang ingin saya tuliskan sebenarnya. Ketika dituliskan dalam bentuk bab per bab membuat ide bermunculan dan lebih terarah. Jadi bisa sekalian langsung jalan tuh apa saja keinginan kita.

2.     Realistis berdasarkan pengalaman

Pengalaman yang tertulis dalam buku catatan

Realistis adalah sesuatu yang bisa diterima secara akal dan sesuai dengan kenyataan. Jika dulunya saya membuat rencana secara asal berani saja. Kini saya membuatnya berdasarkan pengalaman yang pernah dilalui. Heseh, pengalaman juga yang bisa diandalkan dalam menentukan pilihan. Walaupun begitu, bukan berarti saya tidak membuat suatu target berdasarkan pengalaman saja. Ya, kalau belum ada pengalaman bisa juga dicoba untuk membentuk sebuah pengalaman.

3.     Jangka panjang dan pendek


Perencanaan yang akan menentukan passion

Perencanaan yang paling mudah digapai adalah perencanaan jangka pendek. Namun jangan lupa bahwa perencanaan itu pastilah memiliki dampak di kemudian hari. Maka dampaknya memang harus dipikirkan juga. Misalnya target membaca. Jenis bacaan apakah yang selalu dibaca saat ini dan pengetahuan apa yang terbentuk di masa depan nanti. Alangkah baiknya jika singkron dengan passion di masa depan nanti.

Nah, ini sajalah yang bisa saya sampaikan. Semoga target apa saja, termasuk impian yang tertunda akan segera terwujud di tahun 2021 ini. Aamiin ya rabbal alamiin. 

 


Previous
Next Post »

15 comments

  1. karena concern saya ke masalah keuangan, fokus saya ke bab keuangan. hehe, semangat terus kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama. Semoga finansial kita ke depannya bisa sama-sama semakin maju.

      Delete
  2. membaca bagian bab novelist sungguh tertegun yaAllah pengen punya antologi 🥺 semoga cepat lulus dan wisuda ya mbak nya! 🚀 yg bikin kepo, kenapa sih mbaknya pengen s2? hehe soalnya sy sendiri maju mundur, melihat banyak online courses dimasa skrg ini yg bisa bikin banyak kemampuan sekaligus cmiiiw. oya renang dimasa pandemi boleh di share dong mbak nanti hehe so far keren sih semoga terlaksana ya mbak! semangat teruuus 😀💪🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin, semoga dipermudah. Motivasi ingin S2 itu supaya saya semakin semangat aja gitu memperdalam bidang pengetahuan yang diambil. Jujur, sebenarnya saya pun untuk mendiami anak-anak enggak pandai. Makanya terinpirasi untuk menjadi dosen. Nah, iya nih online course sejalan juga. Mana-mana ada ilmu diambillah, khususnya yang menarik perhatian.
      Kalau untuk renang ini, saya bisa rekom kolam renang Alifa khusus cewek, tempatnya di Jalan Kiwi Sei Kambing. Jadi pengunjungnya dibatasin gitu dan pakai waktu juga. Bukanya hari jumat, sabtu, dan minggu.

      Delete
  3. MasyaAllah, keren kali dek..
    Bisa buat sampe 100 target tahun ini.
    Semoga Allah mudahkan wujudkan kesemuanya, Aamiin.
    Targetnya jelas dan terperinci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motivasinya sih supaya enggak rebahan dan enggak ada alasan buat ngegalau enggak tahu tujuan. 😁

      Delete
  4. Aku kepo dengan cerita novelnya
    jadi pengen baca deh, mumpung masih bulan Januari so memang harus direncanakan jauh2 hari dan dikerjakan sesuai rencana , semoga semuanya dilancarkan ya dek semangat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Insyaa Allah ke depannya bakalan saya share.

      Delete
  5. Seneng liat target dibagian diri tampil happy...
    Semoga terlaksana semua targetnya dengan happy ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamiin. Iya, nih supaya seimbang gitu buat diri tampil happy.

      Delete
  6. Hmm..seperti tuliskan saja dulu mimpi mu ya..

    Tapi jangan jadi terjebak membuat target kegagalan..tks ya sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, siip, insyaa Allah. Motivasinya sih berawal dari tahun lalu yang buat target, tetapi enggak terperinci dan terukur. Ujung-ujungnya malah banyak yang enggak terealisasikan.

      Delete
  7. Hebat adek ni. Punta 100 target.
    Awak dari taon berapa yg lalu.
    Target awak cuma satu: pengen langsing.
    Sampe sekarang belum terwujud hiks.
    Tahun 2021 target awak pun masih itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Strateginya mungkin yang bisa diubah. Bisa buat agenda olahraga rutin atau pembatasan makanan yang tinggi lemak.

      Delete
  8. Wew, lengkap ya target untuk tahun 2021 nya, anak muda yang penuh semangat ini.... suka suka suka. Paling tidak sudah masuk ke otak bawah sadar kita ya kan bahwa banyak hal yang harus kita raihm jangan tinggal diam dan menyerah pad a keadaan (kibas jilbab) hehehe

    ReplyDelete