Skip to main content

Laptop Impian ASUS VivoBook 14 (A416)

Sekali nyebur tenggelamlah. Kemudian berenang dan kembali dalam keadaan sehat dan bergembira.

Mimpi? Aku pun pernah bermimpi memiliki laptop canggih merek ASUS yang akan melancarkan kegiatanku selama pembelajaran di kampus, skripsian, dan prosesku menjadi seorang blogger yang professional.

Pasalnya, laptop ASUS ini pernah kupinjam dari temanku selama dua hari saat laptop kecilku bermasalah dan mau tidak mau masuk rumah sakit (tempat service laptop). Sejak saat itu, aku membuat daftar keinginan suatu hari nanti jika mengganti laptop yang baru harus ASUS. Ah, inilah yang kunamakan jatuh cinta setelah bersama.

Keinginan bisa saja melambung tinggi. Namun kemampuan finansial dan mempertimbangkan berbagai aspek yang menjadi penentu. Aku pernah menangis dan merengek hanya meminta izin untuk membeli laptop ASUS secara mencicil kepada Mamaku. Sayangnya, itu tidak membuahkan hasil sama sekali selain membuatku menjadi orang yang menyedihkan dan dilihati para tetangga sangking murkanya Mama.

Tak berapa lama setelah kejadian itu. Beberapa minggu ke depannya. Aku mendapatkan uang dari beasiswa pertamaku selama kuliah di semester 7. Kuputuskan untuk membeli laptop. Namun tidak cukup untuk membeli laptop yang kuimpikan. Setelah menimbang lebih lanjut. Aku pun membeli laptop dengan keadaan setengah pakai dengan harga 2,3 juta sembari berharap laptop itu akan membantu melancarkan skripsiku.

Awal mulanya aku merasakan laptop yang baru kubeli itu berjalan dengan baik. Setelah bersama beberapa bulan ke depannya baru kusadari kondisinya tidak begitu baik sesuai dengan perkiraanku. Kutemukan lagi banyak masalah dan harus kubawakan lagi ke rumah sakit khusus laptop untuk diinstal ulang. Eh, begitu terus hingga aku bosan dan terhambat lagi mengerjakan skripsi.

Keterbatasan? Itulah yang membuatku terperangkap dan masih berputar di lingkaran itu saat ini. Berharap suatu hari nanti akan terlewati dan kutemukan jalan untuk bebas.

Pada kesempatan kali ini. Aku ingin bercerita tentang laptop ASUS impianku dan menelusurinya secara terperinci. Halu be real, boleh kan?

ASUS VivoBook 14 (A416)

Pada tanggal 18 Desember 2020, ASUS memperkenalkan VivoBook14 (A416) yang merupakan sebuah laptop yang bisa digunakan oleh semua kalangan. Laptop ini juga merupakan salah satu all-round  paling ringkas di dunia dengan ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core. GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dengan Office Pre-Installed.

Jimmy Lin yang merupakan ASUS Regional Director Southeast Asia mengatakan bahwa Asus selalu berkomitmen untuk menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi sehingga penggunanya dapat mendapatkan pengalaman pengunaan terbaik.

Nah, pada penasaran kan dengan ASUS VivoBook 14 (A416) ini. Langsung saja yuk kita telusuri secara langsung.

Auto Ringan dan Mudah dibawa ke Mana-Mana

Hal yang pertama sekali terlintas dalam pemikiranku ketika mendengar kata 'VivoBook' adalah 'ringan'. Pasalnya ASUS VivoBook 14 (A416) ini memiliki berat hanya 1,6 kilogram dan ketebalannya 19.9 mm. Wow, ringan dan tipis. Tidak perlu ragu untuk membawanya ke mana-mana. 19.9 mm yang apabila dikonversikan ke dalam cm hanya berkisar 1.99 cm saja. Sedikit lagi mendekati 2 cm. Selain itu, chargernya juga simpel dan ringan. Jadi mudah dimasukkan ke dalam tas tanpa khawatir kabelnya melilit. Enggak berat cuy. Seperti beban hidup selama ini.

Apa sih yang membuat ASUS VivoBook 14 (A416) ini memiliki body  yang ringa dibandingkan dengan loptop 14 inchi pada umumnya?

Rahasianya adalah berkat teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 (A416) bisa tampil sangat tipis, sehingga laptop ini bisa memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. Gimana, keren kan?

Tak hanya itu saja loh. VivoBook 14 (A416) telah dibekali dengan layar yang beresolusi hingga Full HD. Sehingga layar tersebut sangat cocok digunakan untuk bekerja maupun menikmati konten multimedia yang sudah  dilapisi anti-silau (anti-glare) dengan sudut pandang hingga 178 derajat.

Penggunaan Praktis

ASUS VivoBook 14 (A416) juga dibekali keyboard full-size  yang telah dilengkapi backlit, sehingga membuat laptop ini bisa digunakan dalam kondisi gelap. So, enggak perlu repot lagi untuk mencari penerangan di kala sedang gelap. Apalagi mencari huruf yang ingin diketik. Fitur ini sangat membantu deh. Keyboard VivoBook 14 (A416) ini juga didesain secara ergonomis yang berarti mampu memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel  sejauh 1,4 mm yang sangat ideal untuk mengetik.

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium ini. Sehingga memungkinkan para pengguna bisa masuk ke dalam sistem Windowa 10 Home melalui Windows Hello tanpa perlu lagi mengetikkan password.

Bisa Tetap Eksis dengan Kamera

VivoBook 14 (A416) ini dibekali dengan satu kamera, sehingga laptop ini bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar dari rumah. Penggunanya tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed. Tuh, enggak tanggung-tanggung kan bonusnya. Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga penggunannya dapat terbebas dari ancaman celah keamanan dan malware. Fitur ini tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan.

Fitur Pendukung yang Oke Banget

ASUS VivoBook 14 (A416) juga dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas yang canggih. Mulai dari port USB Type-C, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari. Sementara untuk sisi konektivitas nirkabelnya dibekali dengan WiFi 5 (802. 11 ac) untuk terhubung dengan internet serta Bluetooth 4.1. Benar-benar mantap banget deh. Kecepatannya juga lumayan, dijamin kegiatan pembelajaran dan pekerjaan auto lancar.

Namun tidak hanya itu saja ternyata. ASUS VivoBook 14 (A416) juga memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar terbuat dari logam. Sehingga memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. Laptop ini juga diberikan perlindungan yang ekstra untuk HDD bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan pastinya bisa menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya. Jadi, enggak perlu khawatir kalau HDDnya bakalan rusak.

Bisa diajak Multitasking dengan Performa Lebih Kencang dan Gesit

Ini nih yang selalu ditunggu-tunggu ketika punya laptop dengan kondisi lancar banget. ASUS VivoBook 14 (A416) ini ditenagai oleh procesor hinggga 10th Gen Intel Core. Varian tertingginya hadir dengan prosesor intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Sehingga membuat laptop ini bisa diajak untuk bekerja, berselancar di internet, dan menikmati multimedia tanpa perlu takut terganggu.

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh chip gafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa gafis ektra. Sehingga laptop ini memungkinkan untuk menjalankan aplikasi bagi yang suka dengan kegiatan aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual.

Penyimpanan Data Sesuai Standar Modern

VivoBook 14 (A416) memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan semua kalangan. Laptop ini telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgate hingga 12 GB. Wow, kentang banget deh rasanya. Sementara untuk penyimpanannya, ASUS VivoBook 14 (A416) mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5" SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, kita bisa menyematkan SSD dam HDD ke dalam laptop ini.

MyASUS Memudahkan Para Penggunanya

Kelebihan lain dari ASUS 14 (A416) adalah adanya sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop. Melalui MyASUS, para penggunanya bisa memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. Itu berarti penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Selain itu MyASUS juga memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitias untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Nah, yang lebih menarik lagi adalah fitur bernama Link to MyASUS sehingga penggunanya bisa menghubungkan smarthphone-nya dengan laptop supaya dapat beraktivitas secara lebih produktif. Fungsi dari Link to MyASUS adalah menampilkan pesan dan notifikasi dari smarthphone  ke layar laptop, bisa melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smarthphone menjadi layar kedua untuk laptop. Selain itu juga menyediakan fasilitas  untuk berbagi file secara instan antara laptop denga smarthphone.

Gimana, benar-benar idaman banget kan?

Apa sih yang bakalan aku lakukan kalau punya laptop ini?

1. Mengadakan kegiatan lewat zoom

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling wajib dimiliki oleh mahasiswa sepertiku. Sayang banget, laptopku yang sekarang ini enggak bisa digunakan untuk nge-zoom walaupun sudah diusahakan berulang kali. Makanya, motivasi punya ASUS VivoBook 14 (A146) adalah bisa mengadakan kegiatan seminar atau diskusi daring di kemudian hari.

2. Bakalan selalu dibawa ke mana-mana

Suka nulis dan berkreativitas dengan laptop itu aku banget. Enggak perlu khawatir lagi kalau punggung bakalan pegal linu jika dibawa ke mana-mana. Percaya diri pun semakin meningkat euy. Teman-teman pun pasti enggak bakalan risih ngelihat diriku yang kalau bawa barang seperti pulang kampung. Maklumlah, laptop yang sekarang ini rasanya seperti bawa komputer ke mana-mana. Sudahlah bawa laptop dengan bobot 3 kg, bawa printilannnya berupa keyboard  yang besar pula. 

3. Ngonten setiap hari

Gambaran menjadi seorang guru yang selalu aktif ngeblogging itu terngiang-ngiang dalam benakku. Ya, walaupun saat ini masih skripsian yang entah kapan kelarnya. Setidaknya aku punya tujuan hidup dan mau dibawa ke mana kegiatan menulis asyik ini. Jadi, kalau sudah punya laptop yang lebih lancar itu enggak ada alasan lagi buat galau mikirin laptop bakalan ngulah. Sudah pasti diajak kerja sama dong. 

Comments

  1. Kayaknya tiap orang dgn profesi apapun bakal jatuh cintaaa dengan Laptop ASUS ini yak.

    Spesifikasinya uhuuy dan kece banget. Harganya juga terbilang affordable.

    ReplyDelete
  2. Semakin banyak orang menggunakan laptop Asus. Sepertinya aku juga kepnegen punya satu aja dulu hahah :D Speknya aja keren banget, ringan dibawa ke mana2 ya kalau pakai backpack juga punggung ga pegal. Apalagi fitur2 pendukungnya mumpuni. Boleh nih dijadiin whish list aku aamiin aja dulu :) TFS.

    ReplyDelete
  3. Pilihan tepat sesuai keunggulan spesifikasi merupakan pengalaman tersendiri...mantap ulasan review produk...

    ReplyDelete
  4. Reviewnya lengkap nih. Jadi mupeng laptop setelah baca reviewnya, ASUS emang udah mumpuni yang speknya. Kuat-cantik-manis...Makin semangat aja deh kerja...

    ReplyDelete
  5. Wah samaan kita
    Berharap punya ASUS VivoBook 14 (A416), Tabungan belum cukup eh laptop lama keburu rusak
    Terpaksa beli seadanya dan kecewa 😢😢😢

    ReplyDelete
  6. Berhubung anakku lanjutin sekolahnya di SMK dan diwajibkan untuk menggunakan laptop (entah itu dapet minjem, nyewa, ngredit, beli cash) yang punya kemampuan untuk desain & coding (pemrograman), Alhamdulillah, Emaknya pun jadi bisa keikut mencetin laptop Asus deh. Asus memang produknya top euy.

    ReplyDelete
  7. Semoga segera terkabul ya mbak keinginannya untuk bisa memiliki laptop ASUS Vivobook ini.

    ReplyDelete
  8. Ringan, fungsional dan hadir dengan teknologi canggih. Semua yang dibutuhkan dari sebuah laptop. Semoga bisa segera memiliki laptop ini ya Mbak

    ReplyDelete
  9. aku pakai asus utk laptop kemarin. yg skrg dipakai, ada yg donasi jg ga bisa milih hehe.. tp penting ini kalo liat specnya. ntar jd rekomendasi deh.

    ReplyDelete
  10. Laptop asus memang terbukti tangguh banget, saya menggunakan asus sejak awal masuk kuliah, 3 kali ganti laptop hingga sekarang tetap setia pada asus. Selain tangguh sering banget kebanting oleh saya, laptop ini juga memiliki harga yang sangat bersahabat dengan kualitas yang melebihi merk lain yang seharga dengannya.

    ReplyDelete
  11. Laptop ASUS ini selalu bagus ya. Bikin mupeng deh. Kepengen deh ganti laptop jadul di rumah dengan Asus Vivobook 14 a416 ini. Udah tampilannya keren, fiturnya paten, tapinya harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  12. Waktu kuliah ASUS jadi laptop andalanku lho mbak, memang alhamdulillah dibelikan sama ibuk hihi performancenya bagus bahkan awet sampai 5-7 tahunan lupa. Abis itu sering keluar masuk tempat service jadinya kubiarkan hehe

    ReplyDelete
  13. Asus emang keren ya Mbak. Semoga bisa peroleh Asus sesuai impianmu Mbak. Semangaat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wattpad : Dunia Jingga

Sumber gambar : business.wattpad.com Assalamulaikum waramatullahi wabarakatuh ... Apa kabar sahabat blogger ? Semoga pada dalam keadaan sehat wal-afiat ya. Karena hal itu adalah suatu bentuk kenikmatan yang tak ada tandingannya di dunia ini. Hari ini kita akan membahas khusus tentang Wattpad, yaitu aplikasi yang tidak asing lagi bagi penulis. Kalau dahulu bentuknya berwarna jingga. Sekarang ini warnanya sangat jingga. Gambar di bawah ini adalah bentuk penampakan Wattpad dulu. Eng, ing, eng... tara Sumber gambar : Amazon.com Aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat saya jatuh cinta hingga sekarang. Walaupun di dalamnya tidak menjanjikan royalti berupa uang. Tapi, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya. Dari beberapa aplikasi yang ada hanya Wattpad saat ini masih tetap bertahan di hati. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja filtur yang disediakan di Wattpad. Keuntungan lainnya adalah bahasa yang digunakan bukan hanya Indonesia saja. Hal ini

Pengalaman Membuat Aplikasi Android Pemula (Part 1)

diaryharumpuspita.com Kalau kemarin saya masih mengatakan seru-serunya ngoding bersama dicoding. Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang apa yang saya rasakan ketika belajar pada kelas Menengahnya. Ternyata kejayaan senangnya berupa langkah awal dalam memahami bahasa Java itu hanya sebentar saja. Selebihnya, ya saya harus merasakan apa yang mereka katakan. Susah tidur karena dibayang-bayangi kode yang membuat saya penasaran. Bahkan kadang sampai lupa tidur dan mandi. #plak. Alhasil, mata panda dan menjadi sipit saking serunya. Hal yang lebih parahnya jika sudah demam datang namun saya tak ingin melewatkan waktu untuk tidak berpikir. Yah, jadi enggak sembuh-sembuh deh. Hoho... untungnya saya masih memiliki kesibukan lain yang membuat saya harus menjedanya dan menyegarkan otak kembali. Mungkin inilah makna sebenarnya dari ilmu. Mahal dan tidak mudah orang dapat menguasainya. Hanya orang-orang yang tekun dan berada pada garis pertahanan yang mampu melewatinya. Begitupun deng

Menulis Menjelang Deadline

  diaryharumpuspita.com Berbincang masalah deadline seolah tidak ada habisnya. Hal yang lebih membuat kesal adalah menuruti deadline- nya orang lain. Mau enggak mau harus siap dan dikumpul. Kita sudah dibiasakan sejak masa sekolah sebenarnya. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan kuliah. Setiap mata pelajaran pun sudah ada timeline nya sendiri. Jika tidak mengumpul pasti akan dikenakan sanksi berupa tidak ada penilaian dan hukuman lainnya. Maka sudah seharusnya deadline ini memang harus diimbangi di setiap tatanan kehidupan. Mulai dari makan, tidur, dan bahkan beribadah tepat waktu. Menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline ini merupakan sebuah cara seseorang untuk menempati janjinya dan membangun kualitas diri seseorang. Kepercayaan juga dibangun dengan deadline. Jika orang yang diberikan amanah mampu menyelesaikannya. Otomatis mereka akan berpikir kinerja kita itu baik dan bisa dipercaya. Terlebih lagi, tidak ada beban jika semua sudah diselesaikan. Ujung-ujungnya juga akan membawa