Skip to main content

Beyond Blogging, Making Happiness


    Mengulik sebuah kisah perjalanan saya selama awal-awal ngeblog dengan tajuk postingan 'Pilih Blogger atau Aplikasi' pada pertengahan tahun 2019. Kini mulai berbalik arah ke sisi yang berbeda. Jalan yang lebih terang dalam menapaki dunia tulisan. 

    Jika dulunya saya begitu takut untuk memposting tulisan di blog hanya takut dicuri. Ternyata enggak begitu kok. Ada banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan untuk memproteksi tulisan kita. Apalagi sekarang ini kan sudah ada mesin pencarian untuk memeriksa keaslian tulisan. Cek plagiasi namanya.

    Beyond Blogging. Saya suka sekali moto ini dikarenakan sering melihat blognya Kompasiana. Jadi para kontributor di sana itu memiliki hak kendali atas tulisannya masing-masing. Kalau teman saya yang namanya Nur bilang sih pakai review tulisan juga sebelum diupload. Jadi kalau lulus sensor bisa diterbitkanlah tuh.

    Ketika menapaki dunia blog. Ternyata memang benar apa yang mereka sampaikan bahwa berkiprah di dunia blog itu mengasyikkan dan membawa pemasukan finansial. Terlebih lagi bagi yang sudah pro. Tak tanggung-tanggung pemasukannya sekali nulis. Bahkan hingga ratusan ribu rupiah.

Berikut ini beberapa hal yang membuat saya semakin betah ngeblog dan penasaran berkiprah di dunia tulisan.

1.       Bebas Memilih Jenis Penyampaian hingga Font Tulisan

    Hal yang lebih mengasyikkan adalah bebas berkreasi sekreatif mungkin. Mulai dari cara penyampaian seperti apa. Bisa juga edisi ngobrol ataupun diskusi santai. Bisa juga tulisan ala koran yang melibatkan jelas, padat, dan tepat. Terserah mau bagaimana jadinya kita menyampaikan luahan kata yang tersimpan dalam diri.

    Bebas-bebas gimana gitu mau membahas apa saja. Biasanya Bahasa blog ini lebih asyik lagi jika ditulis dengan Bahasa yang santai, ringan, dan mudah dimengerti. Sang penulis memiliki kendali penuh untuk mengarahkan pokok pembahasannya menjadi ke mana saja yang ia inginkan.

    Pemilihan jenis tulisan pun juga bisa dibuat secantik dan seindah mungkin. Tergantung selera penulis. Bahkan ukuran besar dan kecilnya juga bisa disesuaikan. Apalagi mahir mengunakan Bahasa CSS. Blog pribadi pun serasa rumah nyaman tersendiri jadinya.

2.       Fitur tambahan Gambar dan Video

    Penambahan fitur gambar dan video membuat blog tidak hanya dikunjungi oleh orang yang menyukai tulisan saja, tetapi orang yang suka desain grafis, dan hobi nonton juga bisa. Sehingga memungkinkan pengunjung bisa dari berbagai kalangan.

    Kita bisa menambahkan gambar yang menarik untuk menarik pembaca. Biasanya penglihatan menjadi segar melihat visualisasi yang ditampilkan. Cara menginputnya juga bebas dari mana saja. Bisa menggunakan gambar orang lain dengan menyertakan sumber asli, bisa menggunakan dokumentasi penulis langsung dan bisa menggunakan desain grafis yang penulis buat. Intinya bisa dari mana saja.

    Penambahan video juga begitu. Bisa langsung dari video yang kita punya. Bisa juga dari Youtube  dan bisa dari mana saja. Tergantung kitanya yang ingin menyajikan konten seperti apa.

3.       Unlimited Genre

    Ada beberapa orang yang suka menulis acak. Hari ini ia ingin membahas makanan. Besok membahas cerita perjalanan. Besoknya lagi membahas luahan hati. Ketika nulis di blog dibebaskan untuk membahas apa saja. Tergantung jenis pembahasan yang kita inginkan. Sama seperti blog saya ini.

    Ada pula yang menulis tergantung dengan jenis blog yang ia miliki. Misalnya blog untuk menulis resep. Enggak mungkin rasanya kalau menulis pelajaran sekolah di sana.

    Tips dalam dunia perbloggingan sebenarnya mengarah kepada sifat yang spesifik. Kalau bisa blog itu memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya membahas tentang parenting tuh. Nah, tulisannya bisa berisikan parenting saja. Supaya memudahkan orang mengenali blog dan mengikuti tulisan kita nantinya. Sehingga target pembacanya juga jelas. Selain itu, memudahkan para angency untuk menjalin kerjasama dengan kita.

4.       Penambahan Link dari Mana Saja

    Selagi link itu terindeks oleh goggle dan bisa ditemukan oleh mesih pencarian. Blog ini menjadi semakin eksis ketika menautkan ke link yang lain. Misalnya bisa langsung mengarahkan ke alamat media sosial kita ataupun ke postingan yang lainnya. Ibaratnya blog yang kita punya itu sebagai wadah pengarahan. Kan asyik tuh kalau bertanya langsung di arahkan ke empunya.

Contohnya seperti ini :

Mbak, kalau mau beli RA Planner di mana ya?

Oh, iya Mbak silahkan mengklik link ini untuk terhubung ke kontak penjualnya.

5.       Animasi Menambah Blog Semakin Ciamik

    Istilah ciamik berasal dari Cina yang berarti bagus atau luar biasa. Kita pasti pernah melihat pembicara sedang mempresentasikan bahannya di hadapan semua orang. Apalagi ada proyektor yang sedang menampilkan bahan persentasinya disertai dengan animasi menarik. Hal ini membuat orang terkagum ketika melihatnya. Teknik membuat penampilan blog ini menggunakan Bahasa Javascript.

    Hal ini sebenarnya menarik perhatian saya. Kalau bisa dibilang, blog yang memanfaatkan fitur ini merupakan orang yang sudah berada di level mahir dalam mempercantik blognya. Namun begitulah, bagi saya membutuhkan banyak waktu untuk mempelajarinya dan semakin tertantang untuk membuat blog ini semakin nyaman di mata pembaca.

6.       Bisa dilombakan dan Menjalin Kerjasama

    Nah, ini nih yang lebih mengasyikkan. Bisa dilombakan dengan hadiah yang lumayan wuah. Saya sering mengecek informasi ada lomba blog dari sosial media. Terlebih lagi Instagram yang perkembangannya lebih cepat. Kita bisa mendapati informasi ini dengan mencarinya di pencarian dengan menyertakan hastag atau tagar infolombablog. (Contoh : #infolombablog)

    Kriteria blog yang sering mendapatkan job tulisan dengan sekali nulis langsung dibayar adalah memiliki jumlah follower di media sosial lebih dari lima ratus atau seribu orang. Biasanya ini Instagram sih yang saya tahu. Twitter pun juga ada. Jika kalian memiliki jumlah pengikut lebih dari itu. Peluang menjalin kerjasamanya pun besar.

    Nah, kerjasama yang lainnya itu bisa dari iklan yang langsung nangkring di blog kita. Paling populer itu dari google Adsense. Kalau dari blogspot yang saya pakai ini mengarah ke sana sebenarnya. Namun kita bisa juga menjalin kerjasama dari iklan lainnya seperti AdNow, Medianet, dan lain-lain.

7.       Always Happy After Update

 Nulis tapi enggak update. Perasaan saya menjadi biasa saja sih. Namun kalau bisa mempublikasikannya. Auto bahagia deh pada waktu itu. Hati rasanya tenang sekali. Ketika menulis saja sudah seperti terapi. Apalagi tulisan ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Setelah itu bisa saling mengisi kolom komentar secara bebas. Ujung-ujungnya menambah pengunjung juga nih. Sehingga membuat blog saya semakin populer dan mendapatkan pencarian atas di mesin pencarian.

    Sebenarnya, ide pembahasan ini bertujuan supaya saya tuh tidak jadi terpengaruh untuk mengisi blog orang. Apalagi kalau iming-imingnya ya biasalah berupa finansial. Kalau seandainya saya beralih menulis di wadah yang lain. Otomatis blog ini terancam tidak diurus dan jadinya berdebu. Sayang banget kan sudah langganan domain setiap tahunnya, tetapi malah tidak digunakan sebaik-baiknya.

    Kembali ke beyond blogging, making happiness. Hal ini membuat kebahagian tersendiri dan semakin betah berlama-lama untuk ngeblog. Meskipun banyak waktu yang telah dihabiskan di depan laptop. Rasanya bahagia saja gitu tanpa terbebani sendiki pun.

    Tidak terlepas pula kepada diri masing-masing. Semua itu tergantung di mana rasa nyaman itu hadir. Jika mungkin saya dulu yang lebih suka nulis dari aplikasi. Kini saya beralih ke blog. Tempat mana pun itu. Asalkan bahagia. Tetaplah menjadi diri sendiri.


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Membuat Aplikasi Android Pemula (Part 1)

diaryharumpuspita.com Kalau kemarin saya masih mengatakan seru-serunya ngoding bersama dicoding. Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang apa yang saya rasakan ketika belajar pada kelas Menengahnya. Ternyata kejayaan senangnya berupa langkah awal dalam memahami bahasa Java itu hanya sebentar saja. Selebihnya, ya saya harus merasakan apa yang mereka katakan. Susah tidur karena dibayang-bayangi kode yang membuat saya penasaran. Bahkan kadang sampai lupa tidur dan mandi. #plak. Alhasil, mata panda dan menjadi sipit saking serunya. Hal yang lebih parahnya jika sudah demam datang namun saya tak ingin melewatkan waktu untuk tidak berpikir. Yah, jadi enggak sembuh-sembuh deh. Hoho... untungnya saya masih memiliki kesibukan lain yang membuat saya harus menjedanya dan menyegarkan otak kembali. Mungkin inilah makna sebenarnya dari ilmu. Mahal dan tidak mudah orang dapat menguasainya. Hanya orang-orang yang tekun dan berada pada garis pertahanan yang mampu melewatinya. Begitupun deng

Wattpad : Dunia Jingga

Sumber gambar : business.wattpad.com Assalamulaikum waramatullahi wabarakatuh ... Apa kabar sahabat blogger ? Semoga pada dalam keadaan sehat wal-afiat ya. Karena hal itu adalah suatu bentuk kenikmatan yang tak ada tandingannya di dunia ini. Hari ini kita akan membahas khusus tentang Wattpad, yaitu aplikasi yang tidak asing lagi bagi penulis. Kalau dahulu bentuknya berwarna jingga. Sekarang ini warnanya sangat jingga. Gambar di bawah ini adalah bentuk penampakan Wattpad dulu. Eng, ing, eng... tara Sumber gambar : Amazon.com Aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat saya jatuh cinta hingga sekarang. Walaupun di dalamnya tidak menjanjikan royalti berupa uang. Tapi, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya. Dari beberapa aplikasi yang ada hanya Wattpad saat ini masih tetap bertahan di hati. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja filtur yang disediakan di Wattpad. Keuntungan lainnya adalah bahasa yang digunakan bukan hanya Indonesia saja. Hal ini

Serunya Belajar Ngoding Bersama Dicoding

Assalamualaikum ... Hai semuanya … Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan dalam keadaan sehat wal afiat ya. Saya kembali lagi nih. Hehe, akhir-akhir ini malah semakin rajin menulis beriringan dengan rajin belajar. Alhamdulillah ya kan, daripada rajin bermain. Semoga bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Ya, walaupun sebentar lagi akan liburan akhir tahun. Bagi saya, liburan itu tetap belajar. Belajar bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.  Kali ini saya mencoba belajar pemrograman kembali bersama dicoding. Jika memulai pemrograman saat itu membuat saya frustasi bersebab semesta tak mendukung. Kali ini saya mencoba lagi dengan syarat semesta juga mendukung. Ternyata belajar pemrograman itu enggak mudah untuk orang-orang yang mudah menyerah. Apalagi saya yang merupakan orang awam yang enggak tahu apa-apa. Oke, saya akan menguraikan apa sih yang membuat saya betah selama belajar di dicoding. By the way, saya menulis ini di sela-sela lagi belajar. Hehe…. Kebetulan lapto