Menghasilkan Uang dari Ngeblog, Kenapa Enggak?

Tema pembahasan ini sengaja saya buat untuk sekadar mengetahui tujuan yang akan dibidik ke depannya. Kalau kita punya impian yang jelas. Otomatis jalan menuju ke arah tersebut akan mudah menemukan rutenya dibandingkan hanya sekadar memiliki cita-cita sebagai seorang blogger yang berpenghasilan.

Harapannya, setelah kita membahas tema ini. Kita  memiliki gambaran yang jelas mau ke arah mana blog ini dibawa.

Pembukaan

Awalnya blog ini hanya sekadar sebagai tempat diary untuk menceritakan sesuatu bagi penulis itu sendiri. Lama ke lamaan, blog berkembang menjadi tempat pencarian informasi dan bisa dijadikan sebagai bahan rujukan. Pengunjung yang datang ke blog pun semakin meningkat setiap harinya seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pesatnya teknologi. Maka sudah tidak diragukan lagi bahwa potensi menghasilkan cuan melalui blog ini berpeluang besar.

Apa saja sih sumber penghasilan dari blog itu?

1.     Monestasi melalui periklanan banner di blog

Pernah gemas nggak kalau mengunjungi blog banyak iklannya? Semakin banyak malah semakin gemas. Namun hal itu sangat menguntungkan bagi pemilik blog tersebut. Semakin banyak iklan yang ditampilkan. Semakin besar pula penghasilan yang didapatkan. Sama seperti saat kita menonton youtube. Eh, malah banyak iklannya. Dikit-dikit iklan.

Kelebihan dari monestasi ini adalah kita enggak perlu lelah mempromosikan blog kita. Itu berarti penghasilan akan datang sendiri seiring berjalannya waktu.

Sekali lagi, memikirkan untuk mencapai target tersebut sungguh menggiurkan. Namun tidak mudah dilaksanakan. Apalagi blogger pemula seperti kita yang keberadaannya saja jarang ditemukan. Otomatis yang datang juga jarang-jarang. Yah, pahit-pahitnya kalau mau gajian rentang waktunya bisa setahun bahkan hingga dua tahun. Kalau dikalkulasikan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari pasti enggak memadai.

Monestasi untuk blog ini bisa dari google Adsense, Adnow, MediaNet, dll. .

2.     Job Event

Sama juga serupa dengan endorsement. Bedanya ini tergantung pada klien yang meminta. Penghasilannya juga tidak menentu. Kalau lagi banyak job, pendapatannya lumayan. Kadang sebulan bisa dapat banyak. Nah, keuntungannya adalah tidak perlu menunggu waktu lama untuk gajian. Kisaran yang dibayar oleh agensi biasanya sekitar 75-500 ribu per artikel. Tergantung dengan kualitas blog kita. Kalau blog kita memiliki pengunjung yang banyak setiap bulannya. Biasanya dibayar mahal. Bahkan bisa lebih dari 500 ribu. Perlu diperhatikan bahwa berpenghasilan dengan job event ini bukannya hanya sekadar rupiah belaka. Melainkan bisa juga barang yang diberikan pihak agensi. Maka ukuran penghasilan pun tentulah sudah pasti bisa dikalkulasikan jika barang tersebut terhitung dirupiahkan.

Domain yang top level termasuk .com biasanya lebih dihargai daripada domain yang gratisan. Sebab kita bisa tahu sendirilah domain saja nyewanya per tahun. Jadi, kalau dapat job event ini bisa lumayanlah. Hasilnya untuk perpanjang domain bahkan nambah hosting.

3.     Lomba Blog

Ini paling menarik sekali sebenarnya. Rasanya ngeri-ngeri sedap ketika saingan di dunia per bloggingan bukanlah abal-abal. Melainkan para senior yang sudah lama berkecimpung dan langganan menang dalam lomba blog. Biasanya para pemburu lomba blog mengedepankan penampilan dan kualitas blognya. Beberapa blog yang ternama sekali pun. Ada yang mengandalkan penghasilannya melalui lomba saja.

Hadiah yang ditawarkan juga bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Info seputar lomba blog yang sering update biasanya bisa dilihat di Instagram. Kalau dihitung-hitung per bulannya bisa lebih dari 3 lomba.

4.     Lain-lain

Ngeblog sekalian jualan pun juga oke. Misalnya kita juga jualan nih. Yaudah buat reviewnya  dari blog pun bisa mengarahkan langsung ke penjualan. Jadi ibaratnya kalau kita yang punya produk, kita sendiri yang menyebarluaskannya. Bisa juga menawarkan jasa kita ke pengunjung.

Donasi juga bisa menjadi pemasukkan di blog kita. Biasanya sih para blogger yang sudah terkenal atau ia merupakan orang yang berjasa. Misalnya programmer yang membagikan kode ngeblog. Ibaratnya ia merupakan sumber informasi yang terpecaya atau seorang guru yang membagikan ilmunya melalui blog. Nah, biasanya mereka menyediakan alamat donasi seiklasnya.

Penutup

Nah, sampai di sinilah penghasilan di dunia perbloggingan yang bisa saya bagikan kali ini. Intinya, penghasilan di dunia per bloggingan itu banyak cara dan bisa dari mana saja. Poin pentingnya untuk dunia blog ini adalah pengunjung yang datang itu bukan hanya dari Indonesia saja. Melainkan dari seluruh dunia. Maka tidak heran bahwa para blogger itu memang harus memiliki pengetahuan yang luas tentang apa yang ia tuliskan.

Gambaran tentang arus pemasukkan finansial untuk blog ini tentulah sudah bisa mengarahkan kita untuk mencapai target dengan jelas. Bukan hanya satu cara saja yang bisa dilakukan. Melainkan bisa ke semuanya kita garap. Kalau bisa sekalian menghasilkan, kenapa enggak? Biasanya kalau sudah menargetkan arus pemasukkan yang kita tuju. Selebihnya bakalan mengikut dengan sendirinya. 


Previous
Next Post »