Skip to main content

Menghasilkan Uang dari Ngeblog, Kenapa Enggak?

Tema pembahasan ini sengaja saya buat untuk sekadar mengetahui tujuan yang akan dibidik ke depannya. Kalau kita punya impian yang jelas. Otomatis jalan menuju ke arah tersebut akan mudah menemukan rutenya dibandingkan hanya sekadar memiliki cita-cita sebagai seorang blogger yang berpenghasilan.

Harapannya, setelah kita membahas tema ini. Kita  memiliki gambaran yang jelas mau ke arah mana blog ini dibawa.

Pembukaan

Awalnya blog ini hanya sekadar sebagai tempat diary untuk menceritakan sesuatu bagi penulis itu sendiri. Lama ke lamaan, blog berkembang menjadi tempat pencarian informasi dan bisa dijadikan sebagai bahan rujukan. Pengunjung yang datang ke blog pun semakin meningkat setiap harinya seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pesatnya teknologi. Maka sudah tidak diragukan lagi bahwa potensi menghasilkan cuan melalui blog ini berpeluang besar.

Apa saja sih sumber penghasilan dari blog itu?

1.     Monestasi melalui periklanan banner di blog

Pernah gemas nggak kalau mengunjungi blog banyak iklannya? Semakin banyak malah semakin gemas. Namun hal itu sangat menguntungkan bagi pemilik blog tersebut. Semakin banyak iklan yang ditampilkan. Semakin besar pula penghasilan yang didapatkan. Sama seperti saat kita menonton youtube. Eh, malah banyak iklannya. Dikit-dikit iklan.

Kelebihan dari monestasi ini adalah kita enggak perlu lelah mempromosikan blog kita. Itu berarti penghasilan akan datang sendiri seiring berjalannya waktu.

Sekali lagi, memikirkan untuk mencapai target tersebut sungguh menggiurkan. Namun tidak mudah dilaksanakan. Apalagi blogger pemula seperti kita yang keberadaannya saja jarang ditemukan. Otomatis yang datang juga jarang-jarang. Yah, pahit-pahitnya kalau mau gajian rentang waktunya bisa setahun bahkan hingga dua tahun. Kalau dikalkulasikan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari pasti enggak memadai.

Monestasi untuk blog ini bisa dari google Adsense, Adnow, MediaNet, dll. .

2.     Job Event

Sama juga serupa dengan endorsement. Bedanya ini tergantung pada klien yang meminta. Penghasilannya juga tidak menentu. Kalau lagi banyak job, pendapatannya lumayan. Kadang sebulan bisa dapat banyak. Nah, keuntungannya adalah tidak perlu menunggu waktu lama untuk gajian. Kisaran yang dibayar oleh agensi biasanya sekitar 75-500 ribu per artikel. Tergantung dengan kualitas blog kita. Kalau blog kita memiliki pengunjung yang banyak setiap bulannya. Biasanya dibayar mahal. Bahkan bisa lebih dari 500 ribu. Perlu diperhatikan bahwa berpenghasilan dengan job event ini bukannya hanya sekadar rupiah belaka. Melainkan bisa juga barang yang diberikan pihak agensi. Maka ukuran penghasilan pun tentulah sudah pasti bisa dikalkulasikan jika barang tersebut terhitung dirupiahkan.

Domain yang top level termasuk .com biasanya lebih dihargai daripada domain yang gratisan. Sebab kita bisa tahu sendirilah domain saja nyewanya per tahun. Jadi, kalau dapat job event ini bisa lumayanlah. Hasilnya untuk perpanjang domain bahkan nambah hosting.

3.     Lomba Blog

Ini paling menarik sekali sebenarnya. Rasanya ngeri-ngeri sedap ketika saingan di dunia per bloggingan bukanlah abal-abal. Melainkan para senior yang sudah lama berkecimpung dan langganan menang dalam lomba blog. Biasanya para pemburu lomba blog mengedepankan penampilan dan kualitas blognya. Beberapa blog yang ternama sekali pun. Ada yang mengandalkan penghasilannya melalui lomba saja.

Hadiah yang ditawarkan juga bervariasi. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Info seputar lomba blog yang sering update biasanya bisa dilihat di Instagram. Kalau dihitung-hitung per bulannya bisa lebih dari 3 lomba.

4.     Lain-lain

Ngeblog sekalian jualan pun juga oke. Misalnya kita juga jualan nih. Yaudah buat reviewnya  dari blog pun bisa mengarahkan langsung ke penjualan. Jadi ibaratnya kalau kita yang punya produk, kita sendiri yang menyebarluaskannya. Bisa juga menawarkan jasa kita ke pengunjung.

Donasi juga bisa menjadi pemasukkan di blog kita. Biasanya sih para blogger yang sudah terkenal atau ia merupakan orang yang berjasa. Misalnya programmer yang membagikan kode ngeblog. Ibaratnya ia merupakan sumber informasi yang terpecaya atau seorang guru yang membagikan ilmunya melalui blog. Nah, biasanya mereka menyediakan alamat donasi seiklasnya.

Penutup

Nah, sampai di sinilah penghasilan di dunia perbloggingan yang bisa saya bagikan kali ini. Intinya, penghasilan di dunia per bloggingan itu banyak cara dan bisa dari mana saja. Poin pentingnya untuk dunia blog ini adalah pengunjung yang datang itu bukan hanya dari Indonesia saja. Melainkan dari seluruh dunia. Maka tidak heran bahwa para blogger itu memang harus memiliki pengetahuan yang luas tentang apa yang ia tuliskan.

Gambaran tentang arus pemasukkan finansial untuk blog ini tentulah sudah bisa mengarahkan kita untuk mencapai target dengan jelas. Bukan hanya satu cara saja yang bisa dilakukan. Melainkan bisa ke semuanya kita garap. Kalau bisa sekalian menghasilkan, kenapa enggak? Biasanya kalau sudah menargetkan arus pemasukkan yang kita tuju. Selebihnya bakalan mengikut dengan sendirinya. 


Comments

Popular posts from this blog

Wattpad : Dunia Jingga

Sumber gambar : business.wattpad.com Assalamulaikum waramatullahi wabarakatuh ... Apa kabar sahabat blogger ? Semoga pada dalam keadaan sehat wal-afiat ya. Karena hal itu adalah suatu bentuk kenikmatan yang tak ada tandingannya di dunia ini. Hari ini kita akan membahas khusus tentang Wattpad, yaitu aplikasi yang tidak asing lagi bagi penulis. Kalau dahulu bentuknya berwarna jingga. Sekarang ini warnanya sangat jingga. Gambar di bawah ini adalah bentuk penampakan Wattpad dulu. Eng, ing, eng... tara Sumber gambar : Amazon.com Aplikasi ini adalah aplikasi yang membuat saya jatuh cinta hingga sekarang. Walaupun di dalamnya tidak menjanjikan royalti berupa uang. Tapi, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya. Dari beberapa aplikasi yang ada hanya Wattpad saat ini masih tetap bertahan di hati. Kali ini saya akan menjelaskan apa saja filtur yang disediakan di Wattpad. Keuntungan lainnya adalah bahasa yang digunakan bukan hanya Indonesia saja. Hal ini

Pengalaman Membuat Aplikasi Android Pemula (Part 1)

diaryharumpuspita.com Kalau kemarin saya masih mengatakan seru-serunya ngoding bersama dicoding. Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang apa yang saya rasakan ketika belajar pada kelas Menengahnya. Ternyata kejayaan senangnya berupa langkah awal dalam memahami bahasa Java itu hanya sebentar saja. Selebihnya, ya saya harus merasakan apa yang mereka katakan. Susah tidur karena dibayang-bayangi kode yang membuat saya penasaran. Bahkan kadang sampai lupa tidur dan mandi. #plak. Alhasil, mata panda dan menjadi sipit saking serunya. Hal yang lebih parahnya jika sudah demam datang namun saya tak ingin melewatkan waktu untuk tidak berpikir. Yah, jadi enggak sembuh-sembuh deh. Hoho... untungnya saya masih memiliki kesibukan lain yang membuat saya harus menjedanya dan menyegarkan otak kembali. Mungkin inilah makna sebenarnya dari ilmu. Mahal dan tidak mudah orang dapat menguasainya. Hanya orang-orang yang tekun dan berada pada garis pertahanan yang mampu melewatinya. Begitupun deng

Serunya Belajar Ngoding Bersama Dicoding

Assalamualaikum ... Hai semuanya … Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan dalam keadaan sehat wal afiat ya. Saya kembali lagi nih. Hehe, akhir-akhir ini malah semakin rajin menulis beriringan dengan rajin belajar. Alhamdulillah ya kan, daripada rajin bermain. Semoga bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Ya, walaupun sebentar lagi akan liburan akhir tahun. Bagi saya, liburan itu tetap belajar. Belajar bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.  Kali ini saya mencoba belajar pemrograman kembali bersama dicoding. Jika memulai pemrograman saat itu membuat saya frustasi bersebab semesta tak mendukung. Kali ini saya mencoba lagi dengan syarat semesta juga mendukung. Ternyata belajar pemrograman itu enggak mudah untuk orang-orang yang mudah menyerah. Apalagi saya yang merupakan orang awam yang enggak tahu apa-apa. Oke, saya akan menguraikan apa sih yang membuat saya betah selama belajar di dicoding. By the way, saya menulis ini di sela-sela lagi belajar. Hehe…. Kebetulan lapto