Hidup Sehat Bersama Madu Hutan Asli dari Al-Hafizh

Hidup Sehat Bersama Madu Hutan Asli dari Al-Hafizh

Apa itu Madu?

Madu merupakan cairan kental yang rasanya manis dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu diproduksi oleh lebah madu melalui serangkaian mengumpulkan makanan dari sari bunga dan diolahnya kembali di dalam pencernaan si lebah kemudian dikeluarkannya ke dalam sarang lebah.

Begitupula proses pembuatan madu ini dijelaskan dalam Al-Quran di Surah An-Nahl ayat 68 dan 69. {Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang di bikin manusia. (68) kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir. (69)}

Masyaa Allah, begitu pula Allah swt begitu baiknya memerintahkan kepada si lebah supaya bisa diambil manfaatnya oleh manusia. Bahkan sekecil apapun di dunia ini pasti ada manfaat dan alasannya. Maka fabiayyi alaa irabbikuma tukadzibaan. Bertambahlah rasa syukur saya dalam membawakan artikel tentang madu kali ini.

Madu Sebagai Penambah Nafsu Makan

Waktu itu, suasana tidak begitu cerah. Lebih ke nuansa santai di sore hari. Saya pikir saya telah kehilangan nafsu makan setelah penyembuhan demam tinggi lima hari yang lalu. Lidah terasa pahit dan makan apa-apa menjadi tidak berselera. Saya pikir bobot berat badan telah menyusut dan saya lihat jari kelingking telah kurus. Tinggal tulang dengan kulit. Namun anehnya, saya malah melirik ke arah kiri dalam perjalanan pulang seusai mengaji di hari Minggu itu.

Ada kebab turki, bakso, batagor, masakan minang. Ops, kenapa saya malah melirik makanan di sepanjang jalan dan mulai mendetak ingin makan? Ternyata, setelah diingat sekali lagi. Saya lupa telah mengikuti kegiatan rutin Blogsum di Gerakan Pungut Sampah pagi tadi. Setelah itu, menikmati bersama minuman air madu lemon dari madunya refill Al-Hafizh.

Kolaborasi madu hutan Al-Hafiz pada kegiatan GPS (Gerakan Pungut Sampah) dengan Blogsum.

“Ini lebih banyak ke madunya. Jadi manisnya murni madu. Lemonnya ada juga. Namanya air madu lemon,” ucap kak Vie menjelaskan di balik cahaya yang sedikit menyapa wajahnya di pagi itu.

Mungkin kalau lebih banyak lemonnya, jadinya berubah nama air lemon madu barangkali. “Hm, sehat dan menyegarkan,” ucapku setelah meneguknya hingga tandas. Eh, enggak terasa sudah habis aja. Oke fix, besok-besok kalau habis aktivitas begini. Sediain air madu juga ah kalau gitu. Biar mengembalikan ion tubuh yang hilang.

Oke fix, besok-besok kalau habis aktivitas begini. Sediain air madu juga ah kalau gitu. Biar mengembalikan ion tubuh yang hilang.

Teringatnya tentang madu ini. Saya pernah merasakan madunya dari bunga cicak rowo. Dulu punya banyak bunga cicak rowo di rumah. Makanya sering juga berburu madu kalau sudah masanya berbunga. Nah, itu saja sudah manis. Apalagi madu asli Medan ini. Benar-benar perjuangan banget pastinya untuk mendapatkan madu murni dari sang lebah. Sedangkan para lebah sendiri membuatnya dengan rasa sarangheo.

Oh, iya. Madu ini bisa didapatkan dari Bang Bag Kinantan. Sang penulis buku Sadar Finansial dan juga merupakan distributor madu medan loh. Langsung saja nih cek di Instagramnya dan kita akan menemukan informasi seputar manfaat hingga tips sehat dengan madu al-hafizh.

Madu Cocok Dikolaborasikan Bahan Makanan Lain

Enggak hanya enak dinikmati madunya saja. Madu sering dijadikan sebagai bahan makanan tambahan, penambah citra rasa yang kaya akan manfaat. Madu dengan air hangat saja pun juga bisa dinikmati di pagi hari. Nah, ada lagi nih madu yang dipadukan dengan serai dan bunga telang. Rasanya mantap. Saya pernah mencobanya waktu di Tarigan Brastagi. Hm, nikmat sekali. 

Diary Harumpuspita

Reviewing anything that comes to mind, especially about book reviews, platforms, and culinary. Once in a while inspired about the lifestyle, baking, and another else. I like traveling and learning a lot of things. Can speak English and like to share everything that I learn in this world. I like share it in my blog and sometimes in tiktok or youtube channel. My destinastion journey start from near my parent's house. In the real life. I am the Physics beginner, teacher elementary school, and still a college student in University state of Medan.

17 Comments

  1. Saya suka madu yang dicampur dengan air hangat dan jeruk nipis atau lemon...
    seger..
    Jadi pengen air madu lemon hangat

    ReplyDelete
  2. Keluarga besar kami mengenal madu hutan sebelum sekitar tahun 90an dengan rasanya yang khas dan begitu mencoba madu Al-Hafizh ini jadi kayak flashback memori jaman dulu. Rasa dan teksturnya pas sekali seperti madu yang dibawa bapak asli dari hutan Riau.

    Ada kenangan lucu lainnya saat aku menjadikan madu untuk masker dan tiba-tiba terlalu malas bilas sampai ketiduran. Walaupun gak sampai dirubungi semut, alas bantal jadi berselemak.

    ReplyDelete
  3. Semangat sehat terus kita ya. Alhamdulillah dimudahkan mendapatkan dan membuat minuman penamba ion tubuh, biar semangat terus.

    ReplyDelete
  4. Ingat madu, ingat waktu jaman sekolah dulu. Selalu sedia madu. Apalagi waktu mau nyanyi, kata gurunya, "Minum madu aja biar suaranya bagus,"

    Tapi sebenernya bukan itu sih. Madu bisa menambah daya tahan tubuh dan kita jadi lebih sehat.

    ReplyDelete
  5. Biasanya wanita gak suka di Madu ya, eh beda makna ya hehe saya nyesal gak ikutan GPS, jd gak dpat Madu. Tapi tar bolehlah beli ma bg Kinantan hehe

    ReplyDelete
  6. Mantap marketing pihak madu al-hafizh mengajak bloggersumut buat coleb bareng kegiatan pungut sampah 😅👍 jdi penasaran mencoba madu al hafizh.

    ReplyDelete
  7. Saya selalu rutin minum madu tiap pagi. Cukup campur dengan segelas air hangat lalu diminum perlahan-lahan. Mudah-mudahan bisa jadi ikhtiar menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  8. Dek hen.. Jaga terus kesehatan ya.. Apalagi di masa sekarang ini lagi gak menentu banget cuaca di medan. Andalan kita tentu saja madu ya kan.. Biar tetap seru menjalani hidup dengan bekal sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaa Allah, terima kasih kak buat remindernya. Iya nih. Kadang saking serunya sama aktivitas pekerjaan. Eh, terlupa pula buat menjaga daya tahan tubuh.

      Delete
  9. Mengonsumsi madu bisa menjaga kesehatan kita ya terutama yang sibuk setiap harinya lupa minum asupan vitamin. Nah, madu Al Hafizh bisa dijadikan penambah daya keluarga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bener banget. Nah, madu ini buat sekalian sekeluarga deh yang menikmatinya.

      Delete
  10. klo mengkonsumsi madu dengan meminumnya sih udah biasa ya. kalau untuk ngobatin cacar air, gimana ceritanya dek hen? kakak baru denger soalnya.

    ReplyDelete
  11. Madu udah jadi konsumsi rutin di keluarga apalagi ditambah masa pandemi, itu jadi hal yg harus tersedia di rumah kak. Biasanya aku minum campus air hangar kak lebih enak hihi

    ReplyDelete
  12. Rasa syukur & senang dengan madu al'hafizh. Segudang manfaat aku peroleh, Selain tambahan vitamin di musim sekarang,rata-rata sekeliling mengalami sakit yang sama. Madu ini diolah sebagai tambahan masakan, ataupun obat dan aku juga selingi dengan rutin berolahraga pagi sebelum aktifitas.

    ReplyDelete
  13. Jadi pingin buat air madu lemon kak, pasti bikin tenggorokan segar sekaligus booster imun tubuh ya

    ReplyDelete
  14. Madu Al-hafizh dinikmati langsung rasanya enak, di kombinasi buat tambahan rasa dalam masakan ibu-ibu juga enak, madunya asli dan bersanad. Alhamdulillah,mantap ya hen.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah the best banget madu Al Hafizh, kemarin sempat drop demam, flu dan batuk, tenggorokan sakit dan gatal banget, terus ikhtiar minum madu setiap hari, terutama pas batuk langsung minum madu, tenggorokan jadi ga gatal dan batuk reda alhamdulillah , biiznillah.. cobain juga kalau batuk minum madu, jagan dicampur apa2

    ReplyDelete
Previous Post Next Post