Menuju Dunia Perbloggingan di Bulan Desember

 

Menuju Dunia Perbloggingan di Bulan Desember. Hallo, udah Desember aja ya ...

Saya nyaris lupa kalau udah lama banget enggak menyapa. Rasanya, kalau sudah mampir di blog itu yah memang saat lagi waras-waras dan kali ini otak sedang lancar untuk berpikir dan mengulas kembali hal yang ingin diulas. Asyik …

Jadi, anggap sajalah waktu memang sudah berlalu dan enggak terasa sudah Desember lagi. Setelah itu buat resolusi lagi. Namun sebelum ke situ ada beberapa hal yang ingin saya uraikan sebagai bentuk syukur karena sudah berada di waktu dan detik ini. Beberapa hal yang ingin saya uraikan adalah sebagai berikut :

1.       Job Review

Alhamdulillah, untuk kali pertama dalam job review dihubungi langsung. Eh, dicari langsung dah sama agency-nya. Gimana ya rasanya?

Senang banget deh, jingkrak-jingkrak gimana gitu karena saya yang ditawarin, di-DM langsung dan berakhirlah di WhatsApp. Bahkan digaji duluan malah. Pengalaman yang berharga sekali dan nanti kalau jadi pemateri tentang blog bisalah ya kan diceritain. Haha ...

2.       Kerjasama Backlink

Nah, yang ini juga sama di-DM juga sama seseorang yang dari Yogya, tepatnya Wonogiri. Tiba-tiba DM. “Kak, kerjasama tukeran backlink boleh?”

“Boleh dong.”

Udah lama memang sih, ada sekitaran sebulan yang lalulah. Namun saya baru bisa nulisnya sekarang. Sayang banget malah, udah janji nyatanya molor karena enggak bisa mengomitmenkan diri untuk menuntaskannya.

Okay, diulas dikitlah ya tentang yang ngajakin. Eh, jadinya teman baru di dunia perbloggingan nih. Pemilik blog TOMTOMID ini asyik ketika diskusi tentang SEO. Yah, sebuah algoritma yang enggak ada habisnya buat diulas buat saya sang pembelajar pemula ini.

Kalau dibilang perkembangannya pesatlah dan sepertinya memang serius full blogger dianya. Kelihatan dari jumlah artikel yang ditulis dan tentunya juga peningkatan DA/PA. Terus dia juga sedang menggeluti pada lomba blog. Nah, ini juga asyik ya kan.

Namun yang namanya SEO, namanya juga ranking satu. Enggak hanya DA/PA saja yang dibahas, tetapi juga menyeluruh. Termasuk dengan kualitas konten yang ditulis. Baik dari segi pencarian google  ataupun manusianya. Makanya kalau jago SEO bakalan diincar sama banyak orang. Eh, maksudnya sama yang punya bisnislah.

3.       Fokusin Satu Mentee

Sebelum ketemu sama pemilik blog TOMTOMID, saya lebih dulu berkenalan dengan Mba DeMoi atau kerap saya save dengan nama Deyu Puspita. Wuah, nama Puspitanya mirip nih dengan saya. Asalnya dari Sumatera Selatan. Kalau yang ini ketemunya dari KBM App dan dia stalkerin saya duluan dan akhirnya menawarkan diri untuk belajar bersama saya tentang blog ini.

Awalnya saya enggak berani mengambil peran ini ya karena mikirnya seperti belum layaknya gitu. Namun setelah diskusi dengan teman blog yang senior. Yaudin, gaskan aja. Tingkat keyakinan meningkat. Saat ini sih, kami juga saling belajar satu sama lain. Nah, yang jadi sefrekuensi itu adalah sama-sama penulis novel dan juga belajar ngeblog.

Beberapa teman lainnya pun juga nawarin diri untuk belajar ngeblog bersama saya. Kalau untuk saat ini, jadwalinnya mungkin di lain waktu saja karena saya ingin mencoba dulu dengan tingkat keberhasilan untuk satu Mentee. Nanti kalau sudah berhasil, baru deh mengadakan kelas. Yeay … asyik kan.

Saat ini saya masih pemula, perlu banyak hal yang dipelajari dan ditelusuri.

4.       Bertumbuh 1% Setiap Hari

Pengingat diri dalam setiap hari itu sangatlah berguna sekali. Namun, ya ujung-ujungnya memang harus dipaksakan. Saya sedang memperdalami itu dulunya. Hanya saja penguat itu memang lebih kuat kalau ada yang menguatkan. Heseh … Mantap sekali. Jadwalin diri bersama dengan planner yang sudah dirancang. Benar-benar membantu sekali bagi saya yang sering pelupa ini.

Makanya ketika ada orang yang bertanya, “kok kamu nulis sih?”

Hati saya hanya bisa ngebatin kalau saya ini merupakan orang yang pelupa. Kalau masih ada lagi yang nyinyirin tentang alasan saya menulis. Saya punya kekuatan dalam diri bahwa tidak ada yang bisa mengenali diri ini ya selain diri sendiri. Lagi pula, kita juga tidak bisa mengatur apa saja yang orang pikirkan tentang kita. Kecuali pemikiran kita tentang orang lain.

5.       Intellifluence

Nah, kalau yang ini nih saya dihubungi langsung oleh pihak CEO-nya. Saya juga enggak tau kenapa bisa sampai ada e-mail yang masuk. Namun kaget dan bangga saja gitu setelah tau langsung dihubungi sama pihak luar negerinya. Yaudah deh, langsung digaskan saja daftar ke sana. Siapa tau rezeki bisa nambah uang jajan dari sana. Insyaa Allah, aamiin ya rabbal alamiin.

    Begitulah cerita kali ini, cerita di awal Desember. Eh, udah pertengahan malah. #Plak. Harapannya, saya bisa lebih serius lagi dalam menjadikan diri sebagai seorang Blogger. Kemudian selalu sedia mengeksplorasi segala jenis pengetahuan. Yeay …

Diary Harumpuspita

Reviewing anything that comes to mind, especially about book reviews, platforms, and culinary. Once in a while inspired about the lifestyle, baking, and another else. I like traveling and learning a lot of things. Can speak English and like to share everything that I learn in this world. I like share it in my blog and sometimes in tiktok or youtube channel. My destinastion journey start from near my parent's house. In the real life. I am the Physics beginner, teacher elementary school, and still a college student in University state of Medan.

23 Comments

  1. Maaf dek, mas sampai lupa kalau mas sempat ngajak ade tukeran backlink untuk blog TOMTOMID.

    Hari ini sebenarnya hari spesial banget khususnya untuk blog mas TOMTOMID. Karena genap 1 tahun mas ngembangin blog TOMTOMID, untuk pertama kali update artikelnya yang berjudul "Cinta Pertama".

    Pasti selama 1 tahun ngeblog itu bukan waktu yang singkat, dan pasti ada Suka dan Duka Menjadi Seorang Blogger. Kalau hari ini mas belum bisa buat dan update artikel untuk kerjasama kita (tukeran backlink), mas minta maaf yaa! Artikel berikutnya mas buatin deh, tapi mas minta waktunya beberapa hari yaa buat nyiapinnya. Kalau bisa hari ini alhamdulillah malah.

    Yang spesial selanjutnya adalah ade mengingatkan mas untuk DM pertama kali mas di Instagram ke ade yang ngajakin ade kerjasama atau tukeran backlink. Dan itu ternyata ade kerjakan pas di hari spesial blog mas 1 tahun bersama TOMTOMID. Itu sangat waw sekali buat mas. Makasih yaa dek. :)

    Semangat dek ngeblognya! Sukses buat kita semua. Sekali lagi terimakasih. Tunggu updatean artikel postingan mas yaa untuk kerjasama kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes sama-sama. Tadi sempat ngebaca artikelnya sih, mau komen kok segan. Hahaha ... Semangat-semangat, semoga Allah swt memudahkan.

      Delete
    2. Segan kenapa nih? Kayak sama siapa aja kamu dek. Sama mas tuh udah biasa aja. Wkwk

      Aamiin Yaa Allah.

      Delete
    3. Okay deh, kalau gitu gas komen aja. Hahah

      Delete
  2. Mantap, semangat terus kakak. Semangat menginspirasi.

    Gembleng aku jadi top blogger ya. Haha

    ReplyDelete
  3. Inget kerjasama tukeran backlink jadi teringat kenalan yang juga menawarkan untuk saling bertukar backlink juga di blog.
    Cerita dong Henny, kerjasamanya seoesep gimana spesifiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah spesifiknya buat sebuah artikel, terus nanti cantumkan backlink yang ngajakin tukeran sesuai nicenya. Jadi menyesuaikan kontennya gitu. Rencananya pakai tenggat gitu, cuman karena sama-sama deal lama yuadah molornya sampai memiliki waktu masing-masing aja untuk menyelesaikannya.

      Delete
  4. Terus belajar bersama ya Hen..
    Jadi senang karena di blogsum banyak sekali teman satu frekuensi ya

    ReplyDelete
  5. Semangat terus Henny Harum... Aku juga mau lah terkait backlink. Hehehe

    Poin nomor 5 itu dihubungi sama CEO nya? Keren banget. Semangat terus nulisnya.

    ReplyDelete
  6. Ahhhh aku tertampar dengan kalimat "dia serius full blogger sih, dilihat dari jumlah artikel yang ditulias"

    Dahlaaa nangis di pojokan,

    Kangen banget rasanya nulis, blog walking, apadaya masih shock dengan pengalaman jadi ibuk

    Moga bisa segera kembali ke jalan yang lurus eh jalan ngeblog hahahah aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sabar kak, dikerjakan dengan ikhlas, mudah-mudahan berpahala kok kalau kakak ikhlas. Saya juga bisa nangis dipojokan kalau sendiri, teringat pertanyaan "kapan nikah"? Tinggal kamu sendiri yang belum yang sebaya dengan kamu yang belum nikah. Rasanya gurih gimana gitu.

      Banyak teman-teman yang sudah jadi emak-emak bisa kok bagi waktunya buat nulis di blog. Mungkin perlu jadwal buat nulisnya. Yah kalau belum bisa nulis 1 Minggu minimal 1 artikel, bisa buat kerangkanya dulu saja, ntar tinggal dijabarkan sambil masak nunggu nasi mateng sambil coret-coret. Ah, sampek segitunya yaa? Hehehe

      Delete
  7. Idem deh... saya pun berusaha serius nulis blog.
    Paling gak selalu ada tulisan baru di setiap minggunya untuk ditaruh di list BW.
    kalo udah malas sekali, akan malas seterusnya.
    Harus memecut diri sendiri.
    Kalau gak tau mau nulis apa, biasanya saya nulis pelajaran basa enggres.
    yang penting ada tulisan di setiap minggu
    Semangat belajar mba Heni

    ReplyDelete
  8. Gimana enak jadi blogger kan hehee,, apalagi nti yg Intel cair ya dolar nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belum paham kak. Saya sudah daftar tapi kok malah kayak suruh bayar dulu yak. Pernah tanya sama teman tapi menunya kok beda. Jadi bingung sendiri saya.

      Delete
  9. masyaAllah yakan kak.....awak masih pr kali lah ini yang SEO itu.

    ReplyDelete
  10. mantep banget dah bisalah buka kelas ini kak khusus dunia perbloggingan wkwkwk awak msh nulis sekadar nulis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh nih. Saya ada materinya beli kelas di Skill Academy tapi baru saya terapkan di blog sendiri. Mungkin yang lain bisa buat nih, yang sudah khatam di dunia perbloggeran. Hehehe

      Delete
  11. semangat kak, wah salut ih, konsep bertumbuh 1% itu setuju banget, sehingga bikin kita terus aktif dan produktif ya

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah jadi bertambah banyak teman bloggernya ya hen, kk juga kenal nih sama pemilik blog Tomtom.id ini. Banyak memang ilmu ngeblog yg bisa diserap dari berbagai teman bila kita sefrekuensi, semoga cita2 jadi pematerinya tercapai ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Yani, Tom disini hehehe

      Benar sekali kak. Kalau kita sefrekuensi ngobrol, sharing itu seperti tidaka ada habisnya, serasa bermain tapi sebenarnya belajar sedikit demi sedikit dengan lawan bicara kita. Ada obrolan yang kiranya bermanfaat, dapat kita terapkan. Seperti artikel diatas, 1% setiap hari bisa tumbuh dan berkembang itu sesuatu yang sangat luar biasa sekali.

      Emm.... Buat isi acara di tahun baru, apakah tidak ada kegiatan online nih kak? Yah, sekedar kumpul-kumpul saja, sambil kenalan sama Blogger satu dengan yang lainnya untuk mempererat tali persaudaraan sesama Blogger, siapa tahu ada sesuatu yang menarik juga buat kita semuanya. Info job kah, atau ada Blogger yang sebenarnya dekat, sedaerah tapi tidak tahu, atau yang lain. Gabut nih ntar cuma dirumah aja ga ada kegiatan.

      Delete
Previous Post Next Post