Impian Wisata Bawah Laut Bersama Teman Hidup Traveloka

wisata bawah laut bersama teman hidup traveloka

Libur telah tiba. Eh, belum ya. Lagi-lagi liburan menjadi impian yang paling didambakan setelah melewati banyaknya rutinitas. Apalagi liburannya ditemani #temanhidup auto kegirangan bukan kepayang. Mudah-mudahan, suatu hari nanti akan terwujud.

Berbicara tentang #temanhidup. Diary Harumpuspita belum punya nih. Yah barangkali kalau ada yang mau daftar kriterianya juga enggak sulit kok, pokoknya yang paling utama adalah ia yang mau sama-sama belajar menjadi lebih baik lagi. Terus, bertanggung jawab dong pastinya. Biar bisa nabung bareng, setelah itu travelling deh. Oh, iya. Satu lagi kriterianya, domisili tidak jauh dari kota Medan. Supaya mudah dapat restu dari pemilik Diary Harumpuspita alias orang tua sendiri. Heheh … lanjut.

Pasalnya wisata bawah laut ini merupakan impian saya yang sudah lama sekali. Jadi, inilah yang dinamakan bagian dari perencanaan hidup ke depannya. Kepikiran untuk wisata bawah laut itu pertama kali saat masih sekolah dasar. Saya melihat sebuah buku yang bercerita tentang kepulauan seribu. Walaupun waktu itu saya tidak mengerti dengan jalan ceritanya. Tetap dibaca saja hingga akhir. Makanya kalau sekarang ditanya tentang apa. Pokoknya ya pengalaman mereka ketika menjelajah kepulauan seribu. Terus saya melihat televisi, biasanya si Bolang. Melihat pemandangan laut akan keindahan terumbu karang. Kok kayaknya keren ya. Jadi, begitulah asal muasalnya.

Tiga poin penting alasan saya ingin ke sana ada tiga nih.

1.      Salah satu impian yang paling ingin diwujudkan

Impian ini masuk ke dalam daftar impian yang ingin saya wujudkan. Meskipun posisinya saat ini kalau dibilang karena masih solo itu enggak mungkin. Namun berkeyakinan kalau suatu hari nanti bisa ke sana. Paling tidak bersama dengan #temanhidup alias suami sendiri. Heheh …

2.      Bentuk rasa syukur terhadap keindahan atas ciptaan Allah swt

Menjelajahi Bumi Pertiwi seakan-akan memberikan sebuah pesan bahwa seharusnya kita bersyukur atas ciptaan-Nya dan mengagumi keindahan yang telah dibuat-Nya. Saya sering terkagum-kagum saat membaca artikel para blogger traveller dan menyajikan pesona keindahan alam dalam tulisannya. Wuah, bukan hanya manusia aja ya yang kelihatan cakep, tetapi banyak tempat khususnya di Indonesia memiliki keindahan alam yang begitu indah. Bagaimana tidak, Indonesia seakan surga dunia yang tersembunyi dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

3.      Memunculkan beragam inspirasi

Lain tempat, lain pula budayanya. Banyak hal yang bisa ditelusuri. Saya yang merupakan seorang penulis blog sekaligus novelis ini terkadang butuh banyak ide yang datang. Seringkali perjalanan memberikan sebuah inspirasi baru. Itu selalu terjadi, bahkan pertemuan pun juga menjadi ide cerita sendiri. Sebab seorang penulis biasanya ialah yang paling peka dengan lingkungan sekitar. Sehingga hasil tulisannya pun menjadi lebih bermakna.

Waktunya Itinerary

Hanya sekadar berhenti ke sebuah keinginan itu biasa. Namun bagaimana bila berlanjut hingga ke perencanaan? Nah, itu. Keinginan tak akan lengkap dengan yang namanya perencanaan. Itinerary inilah yang disebut sebagai rencana perjalanan. Semakin detail semakin bagus, paling tidak sudah berjalan setengah perjalanan. Apalagi biasanya kalau perjalanan itu akan banyak yang dilalui. Mulai dari akomodasi hingga apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat.

A.      Menentukan tempat wisata

Ada beberapa wisata bawah laut yang saya ketahui setelah searching di internet. Kalau dipikir-pikir sih, enggak semua tempat ya. Apalagi berbeda pulau. Jadi, perencanaan saya kalau nanti pergi travelling, jatuhnya kepada Pulau Putri. Nah ini berdekatan dengan pulau-pulau lainnya dan masih bagian dari kepulauan seribu. Tempat yang paling ingin saya datangi adalah akuariumnya dengan pesona keindahan bawah laut. Sehingga saya bisa melihat dunia jauh lebih dekat.

Sekilas tentang Pulau Puteri

pulau puteri

Pulau Puteri berada di wilayah utara Kepulauan Seribu. Walaupun tidak berpenduduk, semua sarana dan prasarana dipelihara dengan baik. Sehingga pengunjung nyaman menggunakannya. Undersea Tunnel Aquarium adalah satu satunya terowongan bawah laut yang ada di Kepulauan Seribu.

B.      Mempersiapkan Anggaran Dana

Nah, sekarang mah enggak usah bingung. Apalagi ada aplikasi traveloka yang bisa membantu saat di perjalanan. Jadi, mulai sekarang bisa diperhitungkan berapa yang akan dihabiskan selama di perjalanan. Terlebih lagi kalau kita sendiri juga memiliki bajet yang akan dikeluarkan nantinya.

Pengalaman dulu sih, waktu pertama kali jalan-jalan ke luar pulau itu enggak ngerti sama sekali. Hanya bermodal nekat pergi doang. Ponsel yang digunakan juga enggak secanggih ini. Walaupun sudah ada internet dan sudah tau yang namanya traveloka. Jadi saya hanya taunya tiket pesawat doang. Sedangkan teman-teman yang lain tuh baru menggunakannya untuk booking hotel.

Nah, ini poin utamanya kalau jalan-jalan. Menentukan tempat mana yang akan disinggahi sebagai tempat penginapan. Sudah tertera fasilitas apa yang akan didapatkan dan juga berapa uang yang akan dikeluarkan. Biasanya kalau menginap di hotel ini per kamar. Jadi, waktu itu saya dan teman-teman patungan buat booking hotel.

tour-traveloka

Oke, jadi karena kebetulan Pulau Putri tidak berpenghuni. Maka di sana adanya paket tour, sehingga perjalanan pun juga akan dipandu oleh mereka.

Jadi begitulah sekilas tentang perjalanan impian Diary Harumpuspita.



Diary Harumpuspita

Reviewing anything that comes to mind, especially about book reviews, platforms, and culinary. Once in a while inspired about the lifestyle, baking, and another else. I like traveling and learning a lot of things. Can speak English and like to share everything that I learn in this world. I like share it in my blog and sometimes in tiktok or youtube channel. My destinastion journey start from near my parent's house. In the real life. I am the Physics beginner, teacher elementary school, and still a college student in University state of Medan.

Post a Comment

Previous Post Next Post