Pendidikan Berbasis Online, Hactv8 Solusi Belajar Pemrograman


Revolusi industry 4.0 menantang setiap orang untuk terus bergerak dan mengikuti perkembangan zaman.  Hal ini ditandai dengan kehadiran teknologi canggih yang mampu menggantikan peran manusia dalam memproduksi sesuatu. Pesatnya perkembangan zaman membuat orang selalu mencari inovasi terbaru yang kiranya dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan. Baik di bidang ekonomi, transportasi, sosial, maupun pendidikan.
Sejalan dengan hal itu, pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam membangun sebuah bangsa. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pendidikan merupakan pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. Sedangkan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara selaku pelopor pendidikan di Indonesia, pendidikan merupakan permintaan dalam kehidupan anak-anak. Intinya pendidikan mengarah semua kekuatan yang ada di alam agar peserta didik sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan yang tinggi dan kebahagian hidup.
Pengertian tersebut memberikan makna bahwa pendidikan sangat penting dalam membangun sebuah dan merupakan awal dari keberhasilan suatu negara. Selain itu, peserta didik diharapkan mendapatkan pendidikan sesuai dengan minat dan bakat. Sehingga siswa siap menghadapi tantangan di masa depan sesuai dengan bidang ilmu yang mereka miliki.

            Perubahan teknologi membuat sistem pendidikan juga disesuaikan. Pendidikan yang awal mulanya hanya bersifat tatap muka dan konvesional bertransformasi menjadi online. Siswa bisa belajar di mana dan kapan saja. Sistem pendidikan secara online ini bisa menjadi pelengkap dalam mengembangkan kemampuan. Misalnya sebuah kursus online yang membuat siswanya belajar mandiri.
            Seiring berjalannya waktu, sistem pendidikan online menjadi sangat penting bagi kehidupan. Pendidikan ini tidak mengharuskan siswa dan gurunya bertemu langsung di dalam kelas. Siswa dapat secara mandiri mengatur jadwal belajarnya senyaman mungkin. Tidak terlalu terpaku pada jam-jam sekolah pada umumnya. Hal inilah yang membuat siswa menemukan sendiri gaya belajar mereka sendiri.
Pada saat belajar secara online. Hal yang pertama sekali dibutuhkan adalah perangkat dan penunjangnya seperti laptop ataupun Smartphone yang memadai dan paket interner lancar. Sistem pendidikan berbasis online dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan kemampuan siswa secara cepat. Keunggulan sistem pendidikan berbasis online ini adalah
1.      Jangkauan luas
Koneksi jaringan mampu menghubungkan setiap orang dari berbagai daerah selagi terkoneksi dengan internet. Hal ini juga memungkinkan peserta didik yang mengikutinya dari berbagai daerah juga. Mulai dari perkotaan hingga pedesaan.  
2.      Murah
Investasi pendidikan berbasis online tidak terlalu mahal. Tidak perlu memikirkan biaya ongkos perjalanan. Hanya biaya kursus dan kuota yang memadai. Sehingga biaya pendidikan berbasis online ini lebih murah daripada offline.
3.      Mengikuti Perkembangan Zaman
Cepatnya informasi yang selalu update membuat kurikulum pembelajaran tidak boleh ketinggalan. Sehingga pembelajaran berbasis online akan terus diperbaruhi sewaktu-waktu saat memungkinkan.
4.      Mudah diakses
Tampilan yang ramah didesain semenarik mungkin untuk pengguna. Sehingga siswa lebih mudah mengakses, mencari informasi, dan menerapkannya dalam pembelajaran.

Sejak awal tahun 2020 ini. Saya merasa ingin mempunyai kemampuan dalam bidang pemrograman. Keinginan ini semakin meningkatkan ketika saya berkecimpung dalam dunia blogger. Tentunya menginginkan tampilan dari website dinamis dan menarik untuk dikunjungi. Sayangnya saya bukan berasal dari bidang tersebut. Pernah juga mengotak-atik bahasa pemrograman di dalamnya untuk memunculkan sesuatu yang menarik, malah membuat saya menghabiskan banyak waktu di sana. Kalau begini, saya tidak bisa berlarut dalam rasa penasaran yang tak kunjung usai. Perlu juga mencari tahu seluk beluk pemrograman dalam bidang website.
Salah satu pendidikan berbasis online dalam bidang pemrograman adalah HACKTIV8. Sebuah platform yang menyediakan kursus pemrograman.

HACKTIV8 merupakan program pembelajaran yang berfokus pada bidang IT. Terdiri dari Full Time Program, Part Time Program, dan Online Program. Kurikulumnya dirancang untuk membangun keahlian yang dapat diaplikasikan langsung pada perkembangan dunia kerja. Sehingga program HACKTIV8 memenuhi pendidikan berbasis online di Indonesia.
Program ini terdiri dari 3
1.      Python for Data Science
Program ini mempelajari dasar-dasar Phython serta practical statistic, cara menyajikan data dengan infografis, sampai dengan membuat suatu machine learning model menggunakan bahasa pemrograman Phython.
2.      React & React Native Program
Program ini mempelajari bagaimana membangun web dan mobile menggunakan React dan React Native.
3.      Web App Development
Program ini mempelajari basic programming, modern JavaScript, database, testing, hingga men-deploy program.
Ketika melihat tawaran kelas yang disediakan. Sepertinya saya bisa mengambil kelas web developer nih. Selain menyediakan belajar secara online, platform ini juga menyediakan belajar secara offline juga. Setelah lulus dari kelas tersebut, kita akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Sumber :
gurupendidikan.co.id

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan hacktiv8id

14 comments:

  1. Wah belajar makin mudahhhh
    Milenial sekali
    Selamat buat HACKTIV8

    ReplyDelete
  2. Usia paling muda bisa belajar ini usia berapa hen

    ReplyDelete
  3. Hmm... Nge coding satu hal yg aku hindari haha, trus baca ini kok jd pengen belajar akutu

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah zaman sekarang kalo mau belajar banyak wadah yang mempermudah, contohnya hacktiv8 ini ya hen..

    ReplyDelete
  5. Hiyy ada phyiton²nya yak... Kayak bisa ular piton x ya...hebat konten programnya hihi

    ReplyDelete
  6. Aku yang termasuk sangat antusias dengan pendidikan berbasis online ini, lebih praktis, murah, lebih spesifik untuk dapat keahlian. Semoga ke depan lebih banyak terobosan dalam pendidikan

    ReplyDelete
  7. Semakin mudah ya kalau mau belajar... Intinya suka browsing aja kalau mau dapat ilmu Hactv8 ini bagus deh. Aku suka

    ReplyDelete
  8. Belajar jadi bisa dimana aja dan kapan aja. Pengen coba Hactiv8. Mudah2an semakin banyak ruang belajar berbasis online sehingga siapapun bisa ikutan.

    ReplyDelete
  9. Kalau secara offline belajarnya di Medan juga adakah?
    Karena saya pribadi, lebih suka belajar offline daripada belajar online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar offline sebenarnya lebih cepat lagi. Kan kalau bingung bisa langsung dijawab sama mentornya tanpa menunggu waktu lama.

      Delete
  10. Eh anak fisika cerita pemrograman wadoohhhh keren beettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya nih. Tertariknya pun karena ngerjain skripsi. Eh malah sekarang mentoknya ngerjai soal. Auto ambyar deh.

      Delete
  11. Walau anak kesehatan, memang pengem juga belajar ini. Dulu sempat kursus 6 bulan untuk belajar software and hardware. Udah lama ditinggalin pas SMA. Sekarng lupa deh.. Setelah baca ini, pengen "ngubrak-mgubrik" buku lama

    ReplyDelete